UNY Selenggarakan Workshop Peningkatan Akreditasi TK dan PAUD Kabupaten Karangasem Bali, dalam Tajuk Bakti UNY untuk Indonesia

1
min read
A- A+
read

Peningkatan kualitas pendidikan merupakan PR besar bagi bangsa Indonesia. UNY yang merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) mempunyai tanggung jawab dalam mendorong kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, UNY memperkuat jejaring kerja sama di berbagai daerah Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu wujud kegiatannya adalah workshop peningkatan akreditasi sekolah tingkat TK dan PAUD di Kabupaten Karangasem, Bali.

Kabupaten Karangasem Bali merupakan daerah pertama di luar pulau jawa yang terpilih untuk program Bakti UNY untuk Indonesia dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Karangasem, kegiatan Workshop Peningkatan Akreditasi TK dan PAUD dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2022, di Aula Disdikpora. Kurang lebih 150 peserta TK dan KB di seluruh Karangasem hadir pada kesempatan tersebut.

Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama menyampaikan terima kasih kepada Disdikpora Karangasem yang Gercep (Gerak Cepat) dalam merespon kegiatan kolaborasi ini. Melalui kegiatan ini, UNY berharap dapat memperkuat kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan Kab Karangasem yang merupakan mitra lama UNY. UNY juga siap untuk membantu peningkatan SDM melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi Guru dan pegawai Disdikpora maupun OPD lain dari Kab. Karangasem.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menambahkan tentang pentingnya peningkatan mutu pendidikan khususnya TK dan PAUD. Melalui kolaborasi dengan UNY diharapkan dapat mendorong mutu pendidikan di Kab. Karangasem. Dalam kesempatan ini narasumber dari UNY, Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd. dan Ibu Ni Wayan Linda Wati, S.Pd. selaku Praktisi TK dan PAUD dari Provinsi Bali yang sharing informasi terkait Akreditasi TK-PAUD serta kurikulum merdeka belajar.

Pada saat yang bersamaan, Bupati Karangasem Bapak I Gede Dana, S.Pd., M.Si. beserta Kepala dan Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Karangasem sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan UNY. Kedepan kerja sama yang telah terjalin dapat diperkuat dengan berbagai program lain yang potensial untuk pengembangan Kabupaten Karangasem.

UNY selalu berupaya untuk turut berbakti dalam peningkatan pendidikan di Indonesia. Program UNY untuk Indonesia diharapakan dapat memberikan warna dalam peningkatan pendidikan di Indonesia. Kedepan, UNY berharap program ini dapat didukung berbagai pihak. 

Penulis: Aji
Editor: Ardi

IKU