UNY Selenggarakan Wisuda Periode III Tahun Akademik 2023/2024

2
min read
A- A+
read

Rektor mewisuda lulusan

Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan Wisuda Periode III Tahun Akademik 2023/2024 di GOR UNY, Sabtu (24/2) yang diikuti oleh 1.505 orang dengan rincian 49 orang Program Doktor, 387 orang Program Magister, 943 orang Program Sarjana, dan 126 orang Program Sarjana Terapan.

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) meluluskan sebanyak 245 orang, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) sebanyak 274 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)  sebanyak 184 orang, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik (FISHIPOL) sebanyak 162 orang, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 174 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) sebanyak 200 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 102 orang, Fakultas Vokasi (FV) sebanyak 126 orang, dan Sekolah Pascasarjana (SPs) sebanyak 38 orang.

Berdasarkan predikat yang dicapai oleh para wisudawan, dari 1.505 orang wisudawan, terdapat 9 orang berpredikat summa cumlaude (Dengan Pujian Tertinggi) terdiri dari 2 orang Program Doktor, dan 7 orang Program Magister. Selain itu terdapat 957 wisudawan dengan predikat cumlaude (Dengan Pujian) dengan rincian 36 orang dari Program Doktor, 236 orang Program Magister, 602 orang Program Sarjana, dan 83 orang Program Sarjana Terapan (D-IV).

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengatakan hari ini telah menjadi bagian penting dalam usaha pembangunan SDM yang unggul dalam bidang kompetensi masing-masing. Kami berharap Saudara/Saudari semua turut mendukung berbagai kebijakan dan program pemerintah dari berbagai aspek kehidupan” kata Rektor. Harapannya seluruh Wisudawan/Wisudawati bersemangat dan bertekad membangun negeri tercinta Indonesia ini sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing. Rektor juga membuka kesempatan untuk studi lanjut S2 dan S3 karena salah satu ciri perguruan tinggi PTN BH adalah tersedianya sumber daya manusia baik dosen, tendik, mahasiswa, alumni bahkan mitra kerja yang qualified. Sesuai dengan tagline bahwa UNY berkomitmen menjadi perguruan tinggi yang unggul, kreatif dan inovatif berkelanjutan.

Wisudawan peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 4.00 dengan predikat summa cumlaude sekaligus sebagai lulusan tercepat dengan masa studi 2,01 tahun untuk Program Doktor diraih oleh Dr. Agus Supriyanto dari Program Studi Pendidikan Jasmani S3 FIKK dan untuk Program Magister dengan IPK 4,00 dengan predikat summa cumlaude dengan masa studi 1,03 tahun diraih oleh Shabrina Yumna Azhra, M.Pd. dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris S2 FBSB. Wisudawan Sarjana dengan IPK tertinggi diraih oleh Ferdy Agus Viryanto, S.Stat. dengan predikat cumlaude dengan IPK 3,95 dari Program Studi Statistika S1 FMIPA, sedangkan dari Program Sarjana Terapan IPK tertinggi diraih I Kadek Bagus Suryanata, S.Tr.T. dari Program Studi Teknik Otomotif   D-IV FV dengan predikat cumlaude, IPK 3,95.

Wisudawan lulus tercepat untuk Program Magister diraih Ayu Bintan Lestari, M.Pd. dengan masa studi 1,01 tahun, IPK 3,92 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga S2 FIKK; untuk Program Sarjana diraih Dewi Meiliyan Ningrum, S.Pd. dari Program Studi Pendidikan Luar Biasa S1 FIPP dengan masa studi 3,32 tahun, IPK 3,85 dengan predikat cumlaude; sedangkan Program Sarjana Terapan dengan masa studi 3,41 tahun diraih Andika Wicaksana, S.Tr.T. dengan IPK 3,66 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Teknik Elektro D-IV FV.

Predikat Lulusan Termuda untuk Program Doktor dengan usia 26 tahun 6 bulan diraih Dr. Andi Miftahul Jannah dengan IPK 3,98 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Ilmu Keolahragaan S3 FIKK; Program Magister usia termuda 22 tahun 1 bulan atas nama Nur Azisa Aisyiah, M.Pd. dengan IPK 3,82, dari Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini S2 FIPP dengan predikat cumlaude; Program Sarjana usia 20 tahun 5 bulan diraih Fadil Al-Fathan Asis, S.Or. dengan IPK 3,88, dengan predikat cumlaude dari Program Studi Ilmu Keolahragaan S1 FIKK, sedangkan untuk Program Sarjana Terapan usia 21 tahun 5 bulan diraih Bagas Santosa Nugraha, S.Tr.T., dengan IPK 3,91, Program Studi Teknik Elektro D-IV FV dengan predikat cumlaude.  

Orang tua salah satu wisudawan dari FIPP Mardiyanto merasa gembira anaknya telah menyelesaikan pendidikan sarjana di UNY. Petani di Sleman tersebut berharap anaknya dapat studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi dengan beasiswa.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak