UNY Raih Tiga Medali Emas Pada Asean University Games 2024

1
min read
A- A+
read

Kontingen UNY

Indonesia menjadi juara umum ASEAN University Games 2024 Surabaya-Malang dengan meraih 126 medali emas, 99 medali perak dan 71 medali perunggu. UNY turut berpartisipasi dalam mendukung Indonesia menjadi juara umum dengan merebut 3 medali emas, 4 medali perak dan 2 medali perunggu.

ASEAN University Games (AUG) 2024 adalah ajang olahraga dua tahunan yang diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara dihadiri tak kurang dari 5000 atlet mahasiswa. Indonesia mengirimkan sebanyak 392 atlet mahasiswa untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang unggul, tidak hanya dalam hal prestasi olahraga, tetapi juga dalam hal budaya, persahabatan, dan sportivitas. Pada penyelenggaraan tahun ini, Indonesia memiliki maskot Mas Suma sebagai maskot AUG 2024. Mas Suma merupakan akronim dari Maskot Asean University Games Surabaya Malang. Maskot tersebut dilambangkan dengan perpaduan antara gambar buaya, hiu, dan singa.

Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Bidang Olahraga dan Kesejahteraan, Dr. Okky Indera Pamungkas bersyukur atas capaian ini dan berharap kedepan akan makin meningkat. Salah satu peraih medali emas, Zulfa Khoirina Dewi merasa gembira telah meraih medali emas di ASEAN University Games 2024, menjadi bagian dari kontingen Indonesia yang sukses mengumpulkan 7 medali emas 3 medali perak dan 3 medali perunggu serta dinobatkan sebagai juara umum untuk cabang olahraga panahan. “Prestasi ini tidak hanya membanggakan Indonesia, tetapi juga menjadi suatu kebanggaan bagi saya karena ini kali pertama saya mengikuti ASEAN University Games” kata peraih medali emas cabang panahan regu recurve putri tersebut. Mahasiswa prodi Manajemen FEB UNY itu mengaku setiap hari latihan teknik dan menembak kurang lebih 400 anak panah perhari serta latihan fisik. Karena cabor panahan tidak diadakan training center dengan tim Indonesia maka hanya dipantau lewat scoring harian oleh pelatih secara online.

Sedangkan Erva Erviana memaparkan persiapan yang dilakukan sudah lama sejak tahun lalu. Tetapi untuk Persiapan instensif mulai awal tahun 2024. “Saya berlatih Senin-Sabtu. Saya juga masuk di dalam tim Puslatda judo DIY. Jadi saya berlatih setiap pagi dan sore hari, tetapi tidak meninggalkan perkuliahan” ujar peraih medali perak cabor Judo kelas 63 kg putri tersebut. Setelah latihan pagi Erva segera mengikuti perkulihan dan usai kuliah kembali lagi ke Dojo untuk persiapan latihan sore. Mahasiswa prodi PJKR FIKK UNY itu juga mengikuti beberapa kejuaraan untuk melihat sampai mana kemampuannya berlatih dan juga untuk evaluasi kedepannya.

Peraih medali emas AUG 2024 dari UNY adalah Shallma Lushiana cabor pencak silat kategori Tanding Kelas E Putri, Zulfa Khoirina Dewi cabor panahan Regu Recurve Putri dan Lisnawanto Putra Aditya cabor panahan Regu Recurve Putra.

Peraih medali perak Linda Sariyani cabor panahan Regu Compound Putri, Erva Erviana cabor judo Kelas-63 KG Putri, Nurma Anjani cabor panjat tebing Kategori Speed Reelay Putri dan Bernadhetta Shella Herdanti cabor voli pantai beregu putri.

Peraih medali perunggu Bernadhetta Shella Herdanti cabor voli pantai individu putri dan Erviko Andrean Prameswari cabor taekwondo Poomsae Beregu Putri.

 

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat