UNY Perkuat Jaringan Kerja Sama di Thailand

1
min read
A- A+
read

Kerjasama Thailand

Universitas Negeri Yogyakarta melakukan kunjungan ke Bangkok, Thailand untuk memperluas jaringan kerja sama pada Selasa (25/10) sampai Jum’at (28/10). Diikuti oleh tim dari Bidang Perencanaan dan Kerja Sama serta tim World Class University, tim UNY memiliki misi untuk menginisiasi dan mengakselerasi kerja sama dengan perguruan tinggi di Bangkok, Thailand. Komitmen UNY untuk perluasan jejaring kerja sama ini juga bertujuan untuk mendukung internasionalisasi program studi serta menunjang indikator kinerja utama, khususnya IKU 2, IKU 3, IKU 5 dan IKU 6.

Tim UNY mengawali lawatannya ke Rajamangala University of Technology Thanyaburi (RMUTT) di Phatum Thani. Tim mengunjungi Faculty of Technical Education untuk menjajaki kerja sama akademik khususnya pada bidang teknik dan vokasi. Kunjungan tim disambut oleh Dekan dan jajaran fakultas mendiskusikan inisiasi kerja sama yang dapat dilaksanakan oleh program studi di UNY dan RMUTT di tahun mendatang. Selanjutnya, tim UNY mengakselerasi kerja sama dengan Faculty of Sport Science, Chulalongkorn University. Kunjungan ini bermaksud untuk meningkatkan kualitas kerja sama antara UNY dengan Chulalongkorn University yang sudah berjalan selama beberapa tahun. Dijamu oleh Dekan Faculty of Sport Science, Chulalongkorn University, tim UNY juga mengunjungi beberapa laboratorium dan pusat riset yang ada di Faculty of Sport Science. Dekan Faculty of Sport Science Chulalongkorn University dalam sambutannya berharap, kerja sama UNY dan CU dapat berjalan dalam berbagai bidang tidak hanya sebatas pada fakultas olahraga namun juga fakultas lainnya.

Pada Kamis (27/10) tim UNY mengunjungi Faculty of Science, Mahidol University. Kunjungan UNY juga disambut baik oleh Dekan Faculty of Science beserta jajaran perwakilan dari departemen di Faculty of Science Mahidol University. Pada diskusi, tim UNY dan Mahidol sepakat untuk melakukan kerja sama mobilitas mahasiswa (student mobility), joint research and publication serta visiting professor di tahun mendatang. Diharapkan dengan adanya kerja sama antar kedua universitas, sama-sama mendukung pemeringkatan perguruan tinggi serta mendorong kolaborasi dan internasionalisasi perguruan tinggi.

Pada kunjungan terakhir, tim UNY juga mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok dan Sekolah Indonesia Bangkok (SIB). Kunjungan ini disambut oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D., Kepala Sekolah Indonesia Bangkok serta jajaran tim KBRI dan SIB. Pada sambutannya, Bapak Achmad menyampaikan bahwa KBRI Bangkok khususnya Atase Pendidikan dan Kebudayaan memiliki tugas untuk menghubungkan kerja sama antara universitas di Indonesia dengan universitas di Thailand. Ditambahkan, UNY dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi di Indonesia lainnya yang menginisiasi dan mengakselerasi kerja sama yang berkualitas antara kedua universitas. Tim yang diketuai oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO menyampaikan bahwa kegiatan UNY di Thailand sebagai langkah cepat UNY untuk meningkatkan kualitas kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Langkah ini tidak hanya terbatas pada MoU (Memorandum of Understanding) saja, namun berfokus pada kualitas aktivitas kerja sama yang diimplementasikan pada program-program akademik maupun non-akademik. Sehingga program ini dapat mendukung visi internasionalisasi UNY, mendorong serta mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi di Indonesia. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mobilitas civitas akademika UNY dapat menjadi meningkat khususnya dengan universitas di Thailand maupun di Sekolah Indonesia Bangkok.

Penulis : Fadly

Editor : Dedy.

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia