UNY MENFASILITASI ABK MENGIKUTI SELEKSI MANDIRI JALUR CBT KAMPUS

1
min read
A- A+
read

UNY MENFASILITASI ABK MENGIKUTI SELEKSI MANDIRI JALUR CBT KAMPUS

Universitas Negeri Yogyakarta yang merupakan kampus humanis, pada pelaksanaan Seleksi Mandiri jalur Computer Based Test (CBT) Kampus hari kedua (Jum’at, 7/8) memfasilitasi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tuna Netra. Jumlah peserta yang mengikuti CBT hari ini sebanyak 456 calon mahasiswa , sesi I ( pagi) sejumlah 222 peserta, dan sesi II (siang) sebanyak 234 peserta.

Materi yang diujikan berupa Tes Potensi Skolastik baik yang mengambil bidang soshum maupun saintek. Bahkan soal yang sama akan diperoleh oleh peserta ABK. Khusus  ABK tuna netra, untuk CBT hari ini dilaksanakan di salah satu ruang komputer yang berada di Fakultas Ekonomi. Memang disendirikan ruang ujian antara ABK tuna netra dengan yang lain.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd. menyampaikan, “Fasilitas yang diberikan bagi ABK tuna netra adalah disediakannya ruang khusus dan didampingi oleh dosen khusus pula. Dosen khusus yang dimaksud adalah dosen dari jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan,” kata Setyo. Selanjutnya disampaikan pula bahwa tugas dari Pengawas – ABK ini adalah memastikan peserta sudah memenuhi persyaratan protokol Covid-19 dan persyaratan mengikuti CBT. Membacakan tata tertib. Membacakan soal dan membantu ngeklik jawaban pada komputer. Sedangkan untuk memasuki ruangan sampai meninggalkan ruangan CBT, sudah ada petugas yang akan membantu/membimbing mengarahkan.

Bagi calon mahasiswa yang belum yakin diterima di UNY, dan sangat berkeinginan kuliah di UNY, dapat mengikuti berbagai seleksi yang digunakan dalam rekrutmen mahasiswa baru lewat Seleksi Mandiri. Jalur Seleksi Mandiri UNY terdiri dari: prestasi akademik, prestasi unggul, talent scouting, skor UTBK SBMPTN, CBT Kampus, CBT Domisili, Prestasi Olahraga Unggul, CBT Kerjasama, Portofolio Luar Negeri. Informasi lebih lanjut dapat diakses di http://pmb.uny.ac.id

Pelaksanaan CBT di Kampus UNY ini dilaksanakan dari tanggal 6 sampai 10 Agustus 2020 dengan mempergunakan laboratorium komputer di LIMUNY UPT TIK, LPMPP, dan Fakultas Ekonomi.

Pelaksanaan CBT di UNY tetap selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19  baik untuk peserta, panitia, maupun pengantar. Protokol kesehatan Covid-19 dimulai dari pintu masuk UNY, dilakukan tes suhu, bilamana suhu tubuh melebihi 37,5OC akan diarahkan ke HSC. Selanjutnya sebelum memasuki ruangan harus cuci tangan mempergunakan sabun. Selalu mengenakan masker, dan jaga jarak. Salah satu syarat mengikuti CBT, peserta juga harus membawa surat keterangan sehat dari dokter. (Sud).