Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) resmi meluncurkan program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3). Program ini dihadirkan sebagai upaya memperluas akses pendidikan tinggi bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dan lokasi. Kegiatan ini dikemas dalam Workshop Peningkatan Kualitas SDM Unggul dan Berdaya Saing Global di Ruang Aula 3 Pascasarjana UNY, dengan narasumber Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung Dr. Ervawi, Koordinator Pengawas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur Dr, Hendro Kuncoro serta Kepala BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanti, M.Ap. Ketiga narasumber memaparkan kesulitan yang dihadapi para guru di wilayahnya karena tidak mudah untuk studi lanjut, sebab terkendala jarak dan waktu. Workshop diikuti oleh lebih dari 200 orang guru dan masyarakat dari seluruh Indonesia secara daring dan luring.
Menurut Direktur Sekolah Pascasarjana UNY Prof. Siswantoyo program PJJ merupakan langkah strategis dalam mendukung pemerataan pendidikan di Indonesia. “Melalui PJJ, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi tanpa terkendala jarak dan waktu” ujarnya.
Dengan tagline ‘Bekerja Sambil Kuliah, Kuliah Tanpa Meninggalkan Pekerjaan’ program PJJ ini akan diterapkan dengan sistem perkuliahan daring menggunakan platform digital yang interaktif dan fleksibel. Mahasiswa akan mendapatkan akses ke materi kuliah, diskusi online, serta bimbingan akademik secara virtual. Selain itu, UNY juga menyediakan fasilitas Learning Management System (LMS) yang memungkinkan mahasiswa untuk mengakses bahan ajar kapan saja dan di mana saja. Perkuliahan berlangsung secara online sebanyak 10 kali pertemuan menggunakan LMS, 3 kali sinkron online bersama dosen dan 1 kali sinkron offline di kampus untuk motivasi dan monitoring. Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester dilakukan secara online menggunakan LMS.
Prof. Siswantoyo menjelaskan bahwa program PJJ ini telah mendapatkan izin dari Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi serta disusun sesuai dengan standar akademik yang berlaku. “Kami memastikan bahwa kualitas pendidikan dalam program PJJ ini setara dengan program reguler, dengan tetap mempertahankan standar mutu yang tinggi,” katanya. Program PJJ ini mencakup 2 prodi S2 yaitu Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PJJ serta Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PJJ. Sedangkan jenjang S3 membuka 3 prodi yaitu Penelitian dan Evaluasi Pendidikan PJJ, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PJJ serta Ilmu Pendidikan PJJ. Legalitas kelima prodi PJJ tersebut tertuang dalam SK LAMDIK No. 1-5/SK/LAMDIK/Ak-PSM/M/I/2025 serta SK Rektor Universitas Negeri Yogyakarta No. 1-5/UN34/I/2025. Kegiatan PJJ ini baru pertama kali diselenggarakan oleh PTN-BH di Indonesia.
Dengan adanya program ini, UNY berharap dapat memberikan solusi bagi para profesional, tenaga pendidik, dan masyarakat luas yang ingin meningkatkan kompetensi akademik mereka tanpa harus meninggalkan pekerjaan atau domisili mereka. Pendaftaran untuk program PJJ S2 dan S3 UNY telah dibuka melalui 3 jalur yaitu CBT Domisili, Portofolio dan Kerjasama PJJ yang dibuka serentak tanggal 13 Januari – 13 Februari 2025. Tes CBT 15 Februari 2025, wawancara 15 Februari 2025 dan pengumuman 17 Februari 2025. Tes wawancara khusus bagi program doktor.
Biaya kuliah program PJJ UNY untuk S2 sejumlah Rp. 12.500.000,- dan S3 sejumlah Rp. 15.000.000,-. Program Kerjasama PJJ Dalam dan Luar Negeri jenjang S2 sejumlah Rp. 13.500.000,- dan jenjang S3 sejumlah Rp. 16.500,000,-. Sedangkan SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) dibayar 1 kali selama kuliah, jumlahnya Rp. 2.500.000,- untuk jenjang S2 dan Rp. 3.500.000,- untuk jenjang S3. Fasiltas yang didapatkan yaitu akses perkuliahan melalui Digital Library Member, UNITY dan Technical Support, LMS BeSmart, Sistem Bimbingan Tugas Akhir, Pelatihan Growth Mindset Pendidikan Bersertifikat serta Campus Tour dan Orientasi Budaya. Juga fasilitas menginap gratis di UNY Hotel selama 3 hari 2 malam untuk kegiatan kuliah luring di kampus induk UNY.