UNY Lakukan Sosialisasi dan Promosi pada Kegiatan “Career Day” Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

1
min read
A- A+
read

Career Day Madrasah Muallimaat

Universitas Negeri Yogyakarta menghadiri kegiatan Career Day sekaligus melakukan sosialisasi dan promosi di Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta, Selasa (30/1). Kegiatan ini dihadiri oleh 4 Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Yogyakarta yaitu Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pembangunan Negeri Veteran Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dan diikuti oleh 200 lebih siswi kelas XII. 

Pada kegiatan ini UNY diwakili oleh Dedy Herdito, M.M selaku Pranata Humas Universitas Negeri Yogyakarta. Dedy memperkenalkan 8 Fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana yang ada di UNY dengan 14 prodi D4 dan 63 prodi S1 yang terbagi atas 37 prodi kependidikan dan 26 prodi non kependidikan. Dedy menyampaikan jalur masuk di UNY yang dapat diikuti oleh para siswi melalui SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri. “Pada jalur mandiri UNY memiliki banyak jalur, dari jalur Talent Scouting, Prestasi Olahraga Unggul, Prestasi Akademik, Prestasi Unggul hingga jalur CBT,” ujarnya. Dipaparkan juga keketatan seleksi masuk di UNY, 'Pada tahun 2023 lalu prodi dengan pendaftar terbanyak adalah prodi manajemen dengan 13.000 pendaftar dan yang diterima sekitar 400 orang dengan rasio keketatan 1;32 orang, sedangkan prodi dengan keketatan tertinggi di UNY ada pada prodi Teknologi Informasi dimana 1 kursi diperebutkan oleh 79 orang" katanya

Disampaikan pula golongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta. Dimana UKT yang akan diterima oleh setiap mahasiswa ini berbeda-beda disesuaikan dengan gaji atau penghasilan orang tua. “Jadi nanti kalau adik-adik diterima di UNY, maka akan diminta mengisi secara jujur 26 poin data mengenai penghasilan dan aset orang tua untuk menentukan golongan UKT yang harus dibayarkan,” katanya. Selain UKT, disampaikan beasiswa-beasiswa yang dapat diakses oleh calon mahasiswa UNY. Contohnya adalah beasiswa KIP kuliah bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. “Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu, silakan mulai bulan februari ini bisa segera mendaftarkan diri pada laman KIP-Kuliah” imbuhnya.

Pada akhir sesi Dedy juga mewanti-wanti agar siswi-siswi Madrasah Muallimat untuk segera menyiapkan diri pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Terdekat adalah Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) yang pendaftarannya akan dibuka pada tanggal 14 Februari-28 Februari 2024.

Penulis: Panji Nur Fitri Yanto

Editor: Dedy

 

 

MBKM
IKU
IKU 7. Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif