UNY Jalin Kerjasama Dengan Kabupaten Mappi Papua untuk Sekolahkan Guru

1
min read
A- A+
read

Kabupaten Mappi mengikuti program RPL

Peningkatan kualitas SDM harus menjadi fokus pembangunan di beberapa wilayah Papua Selatan yang punya potensi luar biasa. Transformasi pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau value dalam rangka mengawal bangsa Indonesia adalah dengan menjadikan pendidikan sebagai investasi peradaban, serta harus menjadi nafas seluruh pimpinan di Indonesia. Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) ini legal dan formal serta ada regulasi yang mengatur, sesuai misi UNESCO mempromosikan hak setiap individu untuk memperoleh pendidikan dengan ‘Pembelajaran Sepanjang Hayat’. Hal ini dipaparkan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Margana dalam kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui studi lanjut jalur RPL di Papua, Selasa (13/9). Lebih lanjut Margana mengatakan RPL yang dilakukan UNY memberikan fasilitas bagi guru di Kabupaten Mappi untuk studi lanjut baik S1 maupun S2. “Untuk Kabupaten Mappi diakui minimal 50% dari masa kerja bapak ibu guru dan hanya tinggal mengambil 60 SKS yang mengacu pada kinerja dan pengabdian ibu dan bapak” kata Margana. Berdasarkan hasil diskusi dengan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Sujarwo yang turut mendampingi ke Papua, kuliah dilaksanakan maksimal 4 semester. Dan ini merupakan komitmen dari UNY dengan menggandeng Universitas Musamus sebagai mitra untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Papua.

Menurut Rektor Universitas Musamus Dr. Beatus Tambaip hal ini merupakan sebuah sejarah dalam pengembangan sumber daya manusia di Papua utamanya Papua Selatan. “Di masa lalu bicara tentang sumber daya manusia atau pendidikan adalah benang kusut yang susah diurai” kata Beatus Tambaip. Melalui perjalanan yang panjang akhirnya simpul-simpul itu mulai terurai melalui Kerjasama antara UNY, Universitas Musamus dan Pemerintah Kabupaten Mappi. Universitas Musamus dengan keterbatasannya membutuhkan jembatan karena berada di tengah masalah. Oleh karenanya perlu langkah yang berbeda, yang direspon dengan baik oleh Bupati Kabupaten Mappi. Harapannya kerjasama ini hasilnya dapat bermanfaat bagi semuanya.

Menurut rencana dalam RPL ini sejumlah guru PAUD, TK dan SD akan mengambil program S1 PGPAUD dan S1 PGSD. Dalam kesempatan ini juga ada guru yang berminat studi lanjut ke jenjang S2 Manajemen Pendidikan.

Penulis : Dedy

Editor : Ardi