UNY Gelar Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru

Pengawas memonitor UKPPPG

Universitas Negeri Yogyakarta menggelar UTBK Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) bagi Guru Tertentu Piloting 2 tahun 2024. Ujian digelar secara daring dari Kantor Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi UNY dan Unit Layanan Bahasa UNY dan diikuti oleh 15.979 guru dari seluruh Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi.

Pelaksanaan ujian yang dimulai pada tanggal 19-22 Oktober 2024 ini dibagi menjadi 8 sesi dengan 822 pengawas, dimana setiap pengawas memantau 20 peserta ujian. Koordinator Program PPG UNY Dr. Suyud menjelaskan bahwa uji kompetensi peserta PPG terbagi dua yaitu uji pengetahuan dan uji kinerja. “Uji kinerja sudah dilakukan, hari ini kita adakan uji pengetahuan” ujar Suyud. Peserta yang lulus berhak mendapatkan sertifikat kompetensi guru. Menurutnya kriteria lulus apabila mendapat nilai B atau 72 dalam konversi angka. Uji kompetensi mencakup beberapa aspek, mulai dari tes pedagogik, kemampuan dasar, serta pengetahuan bidang studi sesuai dengan jenjang yang diajarkan oleh peserta. Seluruh ujian dilaksanakan secara daring melalui platform yang disediakan oleh Kemendikbudristek untuk memudahkan peserta dari seluruh wilayah Indonesia.

UKPPPG ini menjadi bukti komitmen pemerintah dalam memajukan sektor pendidikan, dengan harapan kedepannya kualitas pengajaran di Indonesia dapat semakin meningkat seiring dengan peningkatan kualitas guru.

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak