Universitas Negeri Yogyakarta Sharing Knowledge dengan Fakultas Pertanian Universitas Musamus Terkait Penyusunan Borang Akreditasi

1
min read
A- A+
read

Universitas Musamus melaksanakan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka pendampingan penyusunan borang akreditasi Program Studi Agroteknologi, Agribisnis, Teknik Pertanian, Peternakan, dan Manajemen Sumberdaya Perairan yang merupakan Program Studi dari Fakultas Pertanian. Dalam kegiatan ini Universitas Musamus mengirimkan delegasi yang dipimpin oleh Nova Suryawati Monika, S.Si., M.Si. selaku Wakil Dekan Fakultas Pertanian didampingi dan beberapa Ketua Program Studi, serta dosen penyusun boring akreditasi program studi.  Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., menyambut baik kedatangan delegasi Universitas Musamus dan mendukung program ataupun tujuan yang ingin dicapai oleh Universitas Musamus. Kegiatan dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta dan berkenan memberikan arahan serta penguatan dalam kegiatan ini. Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha menyampaikan bahwa hendaknya kegiatan yang diinisiasi tersebut dapat dibuatkan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Agreement (IA).

Lebih jauh dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan harapannya agar workshop pendampingan penyusunan borang akreditasi ini dapat berjalan dengan lancar. Kami berharap target capaian pada kesempatan ini tidak hanya terkait mengenai akreditasi saja, namun juga dapat dilaksanakan inisiasi kegiatan yang lain untuk kedepanNya. Menanggapi apa yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Fakultas Pertanian Universitas Musamus menyampaikan bahwa kami pada kesempatan ini ingin belajar dari UNY untuk dapat menyiapkan apa saja terkait dengan borang akreditasi. Semua Program Studi yang ada di Fakultas Pertanian mengikuti akreeditasi dari BAN-PT, berdasarkan pengalaman pada tahun 2018 beberapa Program Studi di Universitas Musamus sudah melaksanakan sharing knowledge dengan UNY terkait pedampingan penyusunan borang akreditasi dan hasilnya sangat memuaskan, maka dari itu pada kesempatan ini kami berharap dapat belajar banyak hal terkait penyusunan borang akreditasi ini.

Pada bagian lain, Prof. Dr. Suharjana, M.Kes., selaku Direktur Direkorat Penjaminan Mutu menyampaikan bahwa pendampingan penyusunan borang akreditasi ini akan dibersamai oleh Dr. Kastam Syamsi, M.Ed. dan  Dr. Udik Budi Wibowo, M.Pd. selaku narasumber terkait akreditasi dan asesor di BAN PT dan LAM. Kegiatan direncanakan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 6 sampai dengan 8 Februari 2023 di Hotel New Saphir. Beberapa hal yang perlu di perhatikan oleh Universitas Musamus khususnya untuk Program Studi di Fakultas Pertanian yang akan melaksanakan akreditasi yaitu menjaga komitmen pimpinan (Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, dan Ketua Program Studi), menyusun task force yang tepat, membuat timeline dan disiplin terhadap jadwal yang telah dibuat, mempelajari instrumen, panduan pengisian dan matriks penilaiannya, mengidentifikasi kebutuhan data, informasi dan bukti fisik apa saja yang belum ada atau belum punya.

Dr, Kastam Syamsi dan Dr. Udik juga menambahkan terdapat sembilan standar yang menjadi acuan akreditasi prodi meliputi  Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran; Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama; Mahasiswa; Sumber Daya Manusia; Keuangan, Sarana, dan Prasarana; Pendidikan; Penelitian; Pengabdian kepada Masyarakat; Luaran dan Capaian Tridharma.


Penulis : Arga
Editor : Ardi

 

IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus