Universitas Lahore Pakistan Jalin Kerjasama Dengan UNY

1
min read
A- A+
read

MOU dengan Universitas Lahore

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Lahore Pakistan menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Kerjasama ini dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman di Rektorat UNY, Selasa (19/7). Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana mewakili Rektor mengatakan bahwa kerjasama ini penting pada era globalisasi sekarang ini karena UNY sedang menjalin kemitraan lintas negara termasuk dengan Pakistan. “Kerjasama tersebut dalam bidang akademik dan non akademik” papar Margana. Selain itu UNY sedang berencana mendirikan program studi kesehatan di Fakultas Ilmu Keolahragaan pada masa yang akan datang sehingga kedatangan professor dari Pakistan sangat menginspirasi untuk membuka program studi baru. Kerjasama ini perlu secara aktif dilakukan sehingga tercipta peningkatan akademik secepat mungkin diantaranya joint kurikulum, joint publication dan double degree programme.

Dekan The Faculty of Allied Health Sciences Universitas Lahore Prof. Syed Amir Gilani mengatakan bahwa University of Lahore membuka kerjasama seluas-luasnya sebagai sister university. “Lahore adalah kota bersejarah dan kota berpopulasi terbesar kedua di Pakistan” katanya. Dengan nota kesepahaman ini diharapkan dapat terjalin kerjasama seperti pertukaran mahasiswa, dosen termasuk studi lanjut program doktoral dengan hybrid programme. Syed Amir Gilani menjelaskan bahwa doctoral physical therapy programme di fakultasnya telah berlangsung sejak 2016 dan hanya hingga sekarang telah meluluskan 9 hingga 10 doktor tiap tahun. Guru besar bidang radiologi tersebut menawarkan pada UNY agar mengirimkan dosen untuk studi lanjut bidang doktoral physical therapy secara hybrid.

University of Lahore adalah universitas swasta terbesar di Pakistan dengan lebih dari 35.000 mahasiswa. Didirikan pada tahun 1999 dan menawarkan pendidikan di bidang Kedokteran, Kedokteran Gigi, Teknik, Seni, Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Sosial. Dengan penekanan kuat pada kemajuan yang seimbang dan fokus pada sumber daya manusia, Universitas Lahore telah berkembang menjadi 11 fakultas dan lebih dari 45 departemen. Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Lahore adalah rumah bagi pengajaran dan penelitian dalam Ilmu Kedokteran, Kesehatan, Pelatihan dan Olahraga. Fakultas Ilmu Kesehatan menawarkan pembelajaran yang berbeda mengenai kesejahteraan, klinis, olahraga, dan ilmu olahraga. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Lahore menghasilkan alumni yang kompetitif yang siap untuk menawarkan layanan di bidang pilihan mereka.

Kegiatan ini diinisiasi bidang perencanaan dan kerjasama khususnya bidang kerjasama luar negeri. Setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dengan didampingi Dekan Prof. Wawan S. Suherman. Di FIK Syed Amir Gilani berbagi ilmu dengan memberikan materi berjudul ‘Globalization Of Higher Education And Future Of Academia In Health Sciences’ dan dilanjutkan dengan diskusi bersama para dosen FIK.

Menurut Okky Indera Pamungkas, M.Or Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Lahore tersebut diagendakan mengunjungi program studi D4 Promosi Kesehatan dan D4 Pengobatan Tradisional. “Kerjasamanya dalam hal visiting profesor” katanya. Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan tersebut mengatakan pada tahap awal baru satu orang profesor mengunjungi FIK yaitu Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan tersebut dan akan diikuti dengan kunjungan profesor yang lain. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya UNY dalam sustainable development goals pada bidang pendidikan, kesehatan dan kemitraan. (Dedy)

 

IKU
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia