TINGKATKAN SEMANGAT PENGABDIAN, FT UNY GELAR PELATIHAN VIRTUAL

1
min read
A- A+
read

PELATIHAN VIRTUAL

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kewajiban dosen untuk mengabdi pada negeri. Menurut pasal 20 Ayat (2) UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas: Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu salah satunya Pengabdian kepada Masyrakat. Untuk menumbuhkan motivasi dan semangat para dosen untuk melakukan Pengabdian kepada Masyarakat, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta melakukan kegiatan Pendampingan Penulisan Proposal PPM DRPM secara daring yang dilaksanakan pada 10 Maret 2021 melalui aplikasi zoom.

Agenda Strategi dan Trik Penulisan Proposal PPM DRPM ini diikuti oleh seluruh dosen Fakultas Tekknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akdemik dan Kerjasama Fakultas Teknik UNY, Prof. Ir. Moh. Khairudin, Ph.D. Ia menyampaikan pendahuluan mengenai alur dan prosedur penyusunan proposal PPM DRPM. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai  Strategi dan Trik penulisan proposal  PPM DRPM oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik, Darmono, M.T.  Peserta yang mengikuti agenda ini berjumlah kurang lebih 130 dosen.

Seiring berjalannya waktu, pengabdian di Universitas Negeri Yogyakarta dinilai semakin menurun. Sebagai dosen, selain mengajar dan melakukan penelitian, dosen juga berkewajiban melakukan pengabdian kepada masyarakat utuk membangun atau mengembangkan masyarakat yang ada di sekitar dengan berbasiskan teknologi dan kemampuan yang dimiliki. Pengabdian ini dianjurkan agar sesuai dengaan kebutuhan riil masyarakat sehingga dapat berfanfaat dan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sebelum pandemi, pengabdian kepada masarakat biasa dilakukan dengan secara langsung, sehingga para dosen bisa berinteraksi dan membaur langsung dengan masyarakat. Tetapi, semenjak adanya pandemic pengabdian ini dapat dilakukan secara daring. “Ketika dahulu sebelum pandemic kita bisa melaksanakan pengabdian secara langsung, kemudian di tahun 2020 karena pandemic sehingga kegiatan-kegiatan yang bersifat langsung dapat diakukan seara daring.” ungkap Darmono.

Kegiatan ini berlangsung selama 100 menit. Setelah penyampaian materi, agenda ditutup dengan sesi tanya jawab. “Peyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan kembali semangat para dosen untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat,” tutup Darmono. (Nurul-Humas FT UNY)