TIM UNY RAIH JUARA HARAPAN I DI LKTI LBSK

1
min read
A- A+
read

Tim UNY meraih Juara Harapan I dalam ajang LKTI LBSK (Lomba Bidang Studi Kimia) di Universitas Tanjungpura, 15-17 Februari 2019 lalu. Tim yang diketuai Amaliatul Firdaus (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi), dan beranggotakan Listika Wibawaning Putri (Pendidikan Kimia) dan Hendri Wibowo (Pendidikan Akuntansi) mengusung karya berjudul Djumanji: Inovasi Pengolahan Daun Jambu Biji sebagai Alternatif Pasta Gigi Herbal Pencegahan Bakteri Streptococcus mutans Penyebab Karies Gigi.

Lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (FMIPA) Universitas Tanjungpura ini bertemakan “Peran Mahasiswa dalam Mengoptimalkan Sumber Daya Alam Berbasis Green Chemistry Menuju Revolusi Industri 4.0”. Pada babak final, tim UNY bersaing bersama 14 tim finalis lain dari perguruan tinggi se-Indonesia.
Amal, Listika dan Hendri menggunakan jambu biji yang merupakan tanaman buah yang banyak  ditemukan di wilayah Indonesia. Salah satu bagian yang belum dimanfaatkan secara maksimal adalah daun jambu biji. memanfaatkan kandungan komponen aktif senyawa flavonoid dan tannin menjadi anti plak (karies gigi) yang berkhasiat menghambat tumbuhnya bakteri Streptococcus mutans. (Umianisah Apriliani)