Tim Robot Terbang UNY Rejetion Divisi Racing Plane Berhasil Meraih Kejuaraan Pada Lomba Kontes Robot Terbang Indonesia Tahun 2023

1
min read
A- A+
read

Robot terbang Rejetion

Robot Terbang Tim Rejetion Divisi Racing Plane Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih juara 1 dalam Kontes Robot Terbang Indonesia tahun 2023 yang dilaksanakan secara offline. Kontes Robot Terbang Indonesia tingkat nasional ini dilaksanakan di Pangkalan Udara Astra Ksetra, Tulang Bawang, Lampung pada tanggal 22 – 26 September 2023, setelah seleksi wilayah secara online di masing-masing perguruan tinggi. Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) adalah kompetisi pesawat tanpa awak yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Telenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. KRTI 2023 melombakan empat divisi, yaitu Divisi Racing Plane (RP) sebagai entry level, Divisi Fixed- Wing (FW) sebagai middle level dan real application, Divisi Vertical Take-off and Landing (VTOL) sebagai advanced level untuk pengembangan teknologi, dan Divisi Technology Development (TD) sebagai konsep pengembangan teknologi pesawat nir awak. Divisi Technology Development (TD) terbagi menjadi empat sub divisi, salah satunya Flight Controller Development (TDF) yang diikuti oleh Tim Az-Zawra Biantara.

Pada tahun 2023 ini tim Rejetion Divisi Racing Plane memilih menggunakan wahana UAV berjenis Flying Wing yang dirancang khusus untuk terbang dengan kecepatan tinggi, dengan bobot yang seringan mungkin namun memiliki daya dorong mesin yang sangat besar. Dimana robot terbang dirancang agar dapat melaksanakan misi fast and on track dengan mempertimbakan spesifikasi dan keadaan lingkungan sehingga tercipta design yang sesuai serta handal. Pada saat terbang, Rejetion harus dapat terbang dengan stabil, memiliki efektifitas serta efesiensi yang tinggi.

Ketua Tim Rejetion Divisi Racing Plane Abdul Zaid Fatullah mengatakan bahwa tantangan terbesar tim pada saat wahana mengalami crush lumayan berat saat test flight di Pangkalan Udara Astra Ksetra. “Namun hal ini tidak mematahkan semangat dan niat kami untuk meraih kemenangan. Kami langsung bekerjasama melakukan repair Airframe H-12 jam sebelum lomba dan mengatur strategi“ jelasnya.Pada KRTI 2023 tingkat nasional Divisi RP diikuti oleh 24 tim dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Pada saat  Pertandingan Final perebutan juara (1 dan 2) UNY vs UGM diperoleh hasil bahwa Tim Rejetion (UNY) meraih juara 1 dengan kondisi wahana sesuai syarat  sah yang ada di aturan.

Tim Racing Plane (Rejection) beranggotakan Abdul Zaid Fatullah dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Evandra Aryadinatha dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, HafidzRafli Fadhillah dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Ilham Ananta Baharudin dari prodi Teknik Elektro, Johannes Arya Bhima Sena dari prodi Teknik Manufaktur, Muhammad Arya Widiantoro dari prodi Teknik Manufaktur, Nurud Afifah dari prodi D4 Teknik Elektronika,Sema Auria Amanda Saputri dari prodi Pendidikan Teknik Elektro, Azizah Hadiyyatil Maula dari prodi Pendidikan Teknik Elektro, Indra Kurniawan dari prodi Teknik Elektrom Nyi Ajeng Sri Widara Wulan dari prodi Pendidikan Teknik Elektro dengan dosen pembimbing Yuwono Indro Hatmojo, S.Pd., M.Eng.

Penulis :Sema Auria A.S

Editor: Dedy

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus