TIM PPPUD UNY KEMBANGKAN PRODUK UNGGULAN UNTUK PANTAI DI BANTUL

1
min read
A- A+
read

TIM PPPUD UNY KEMBANGKAN PRODUK UNGGULAN UNTUK PANTAI DI BANTUL

Tim Pengabdi dari Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang diketuai oleh Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, beranggotakan Titin Hera Widi Handayani, M.Pd., Agung Utama, M.Si dan Arif Marwanto, M.Pd, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNY melaksanakan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mina Bahari. Program PPPUD ini direncanakan selama 3 tahun 2020-2022, dan tahun 2020 ini adalah tahun pertama yang didukung sepenuhnya oleh Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul.

Mutiara menjelaskan bahwa program ini bertujuan meningkatkan produk unggulan wisata pantai di Kabupaten Bantul Yogyakarta yang berbasis olahan perikanan laut. “Target tahun pertama adalah untuk meningkatkan kualitas produk olahan berbasis perikanan laut dengan pengadaan peralatan teknologi tepat guna yang dibutuhkan untuk memperlancar dan mendukung proses produksi,” ujarnya.

“Kami melakukan penataan layout dan display produk dengan melakukan renovasi tempat display KUB Mina Bahari 45, pengembangan website dan beberapa jalur pemasaran online untuk mendukung perluasan pemasaran produk,” ujar Mutiara.

“Kami juga mengibahkan beberapa peralatan seperti penggorengan otomatis skala industri, dan steamer rak skala industry, freezer dan pendampingan penguatan kualitas produk olahan berbasis perikanan laut,” imbuh Mutiara.

Bentuk pelatihan yang dilakukan meliputi diskusi dan pendampingan praktik penggunaan peralatan penggorengan otomatis untuk pembuatan kerupuk ikan dan penggunaan steamer rak skala industri untuk pembuatan tahu bakso yang diharapkan menjadi icon oleh-oleh Pantai Depok Kabupaten Bantul.

“Kami juga mendampingi dalam pembuatan label yang memuat penjelasan terkait dengan nama produk, komposisi penyusun, waktu kedaluarsa dan produsen sehingga label menjadi penting sebagai sarana promosi sekaligus memberikan informasi yang jelas terkait dengan produk,” tambah Mutiara.

“Serta dilakukan proses pengembangan website serta pengenalan pemasaran off-line dan on-line diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan produk berbasis perikanan laut yang dihasilkan oleh KUB Mina Bahari 45,”

Pendampingan proses pengolahan produk dan pengoperasian peralatan dilakukan oleh tim PPPUD kepada pengurus dan anggota KUB Mina Bahari 45 untuk menjaga agar produk yang dihasilkan aman dan memiliki kualitas seperti yang diharapkan.

Pelatihan peningkatan kualitas produk yang disertai dengan introduksi teknologi tepat guna  yang dilaksanakan oleh Tim PPPUD di tahun 2020 ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kuantitas dan kualitas produksi berbasis olahan perikanan laut untuk mendukung pengembangan produk unggulan daerah di Wilayah Pantai Kabupaten Bantul.

Ketua KUB Mina Bahari 45, Sri Suharni, mengatakan kondisi pandemi covid-19 yang saat ini melanda seluruh wilayah di Indonesia menyebabkan beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami kelesuan dan penurunan pendapatan, namun dengan mengembangkan produk unggulan serta pemasaran online diharapkan  menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas dan memperluas jangkauan pemasaran sehingga memperkuat ketahanan ekonomi, khusunya masyarakat di wilayah Bantul pada umumnya, dan anggota KUB Mina Bahari 45 pada khususnya. (hryo)