Tim KKN UNY – Sumbertetes Ajak Warga Manfaatkan Limbah Jelantah Jadi Sabun Eco-Friendly

1
min read
A- A+
read

Pengolahan limbah jelantah

Perwakilan Tim KKN UNY Sumbertetes sukses laksanakan pelatihan untuk memproduksi sabun ramah lingkungan (eco-friendly soap) yang terbuat dari bahan dasar minyak jelantah sisa tak terpakai. Pemanfaatan minyak jelantah sebagai sabun yang ramah lingkungan ini merupakan ide dari Muchammad Ikmal Abdillah dari S1 Prodi Kimia UNY, anggota Tim KKN UNY di dusun Sumbertetes, Patuk, Gunung Kidul. Pelatihan yang digelar Jum’at (11/8) lalu di Balasi Dusun Sumbertetes ini mendapat antusiasme tinggi yang ditunjukkan oleh warga, khususnya ibu-ibu yang merupakan perwakilan dari RT 19 – 24 Sumbertetes. “Lumayan ngirit mbak, yang awalnya limbah, kami buang, ternyata bisa dimanfaatkan jadi sabun yangjelas itu pasti kami gunakan setiap hari.” Ungkap Ifah, kepala dukuh Sumbertetes saat diwawancarai terkait kegiatan ini. Minat yang tinggi terhadap kegiatan ini juga ditunjukkan dari mayoritas peserta yang diundang hadir lebih dari 80% mengikuti kegiatan tersebut.

Ikmal dalam pemaparannya menyampaikan tentang limbah minyak sisa dan pemanfaatannya. Untuk memudahkan pemahaman para peserta, Ikmal juga memutarkan video praktikum pembuatan eco-friendly soap dari jelantah. Tidak hanya itu, para peserta juga melakukan  praktek secara langsung cara membuat sabun ramah lingkungan dari minyak jelantah yang didampingi oleh tim KKN UNY yang terplotting di daerah tersebut yaitu Nur Dwi Lestari (Ilmu Komunikasi), Abdul Kohar (Ilmu Keolahragaan), Revanica Alovia Aryantika (Matematika), Derra Risqi Nurulita (Matematika), Ruchil Fitroh (Sastra Indonesia), Ulfia Lu’lu An Nuha (Matematika), Eka Dewi Pratiwi (Psikologi), Stephanie Renata (Sastra Inggris), dan Rahadian Abimanyu (Sastra Inggris). Hasil dari praktek dalam kegiatan tersebut bisa langsung dimanfaatkan oleh ibu-ibu anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Dusun Sumbertetes tersebut.

Selain belajar dan praktik, Ikmal juga memberikan catatan berupa panduan membuat sabun ramah lingkungan agar ibu-ibu yang mengikuti sosialisasi dapat mempraktikkan sendiri di rumahdengan menyebarkan video yang telah diunggah melalui link berisi website referensi resep akurat yang dapat dipelajari oleh ibu-ibu anggota PKK yaitu  http://www.soapcalc.net/calc/SoapCalcWP.asp .

Ikmal dan juga tim KKN UNY merasa puas dan senang bisa berbagi dengan warga, karena selain  kegiatan ini bermanfaat untuk ibu-ibu anggota PKK. Selain ibu – ibu isa membuat produk baru yang bisa digunakan, harapannya pembuangan limbah minyak jelantah yang sia-sia dapat berkurang atau bahkan berubah menjadi sesuatu yang memiliki nilai dan manfaat.

Penulis: Nur & Sari

Editor: Dedy

MBKM