Sukses Selenggarakan Invitasi Nasional Olahraga Petanque, FIK UNY Raih Sukses Prestasi

1
min read
A- A+
read

Petanque

FIK selenggarakan Invitasi Nasional Antar Mahasiswa Cabang Olahraga Petanque dalam Rangkaian Dies Natalis ke-71 FIK UNY, Rabu - Sabtu 29 September – 1 Oktober 2022. Sebanyak 12 Perguruan Tinggi dari 8 provinsi di Indoesia mengikuti Invitasi ini. UNY yang menjadi tuan rumah sekaligus penyelenggara ingin lebih memasyarakatkan Petanque, selain sebagai ajang silaturahmi bagi mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Petanque adalah permainan bola besi yang awalnya merupakan olahraga tradisional di Prancis dan  berakar dari budaya Yunani Kuno. Pétanque mulai dimainkan secara modern pada tahun 1907 dan Indonesia mulai resmi mengenal cabor ini ketika menjadi tuan rumah Sea Games 2011. Pétanque dimainkan dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang diletakkan di depan pemain sebagai sasaran dan kaki harus berada di lingkaran kecil. Permainan ini biasa dimainkan di rerumputan, pasir, atau permukaan tanah lain. Olahraga ini bisa dilakukan secara individu maupun beregu.

Ditunjuk sebagai Technical Delegate, adalah Prof. Dr. Ramdan Pelana, M.Or. dan Danang Septa Friawan, S.Pd. Prof Ramdan, begitu ia sering dipanggil, adalah Guru Besar sekaligus dosen Prodi Ilmu Keolahragaan UNJ. Beliau ditunjuk sebagai Technical Delegate Invitasi Petanque karena kemampuan managerial penyelenggaraan dan teknis pertandingan dan perlombaan cabang olahraga petanque.

Nomor yang dilombakan pada kejuaraan tersebut adalah Single Man, Single Woman, Double Man, Double Woman,  Double Mix, Triple Man, Triple Woman, Triple Mix 1 Man 2 Woman, Triple Mix 2 Man 1 Woman. Sedangkan peserta Invitasi adalah  UNY, UNJ, UNESA, UPI, UNMakasar, UNNES, UNS, UMS, USN Kolaka, Universitas Muhammadiyaj Pekajangan Pekalongan, Universitas Islam 45 Bekasi dan Global Institute of Technology and Business Bina Sarna Global.

Sukses sebagai penyelenggara, FIK UNY juga sukses prestasi dengan dibuktikan meraih gelar juara umum, dengan Raihan 3 Emas, 1 Perak dan 3 Perunggu. Sedangkan rincian para juara adalah sebagai berikut:

Juara 3 Double Woman

1. Kun Choerun Nisa (FIP, PGSD)

2. Umi Khulsum Aryani (FE, Pend. Ekonomi)

 

Juara 2 Double Man

1. Agung Setio Pramudya (FIK, PJKR)

2. Luth Syamsudin (FT, Pend. Mekatronika)

 

Juara 3 Triple Man

1. Omega Lukas Widyatama (FIK, PJKR)

2. Muhammad Irfan Ammar Rasyiq (FIK, PJKR)

3. Akmal Kurniawan (FIK, IKOR)

 

Juara 3 Triple Woman

1. Kun Choerun Nisa (FIP, PGSD)

2. Rahma Fitria Alfiana (FIK, PJKR)

3. Rizcka Dwitama Riyanti (FIK, IKOR)

 

Juara 1 Double Mix

1. Ilham Bayu Alamsyah (FIK, IKOR)

2. Anisa Wardani (FIK, PJKR)

 

Juara 1 Triple Mix A

1. Akbar Aizil Fitri (FIK, IKOR)

2. Agung Setio Pramudya (FIK, PJKR)

3. Reka Atmada Ranti (FIK, IKOR)

 

Juara 1 Triple Mix B

1. Ilham Bayu Alamsyah (FIK, IKOR)

2. Anisa Wardani (FIK, PJKR)

3. Risa Amalia (FIK, IKOR).

Penulis : Putriana Damayanti

Editor : Dedy