Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru UNY

2
min read
A- A+
read

Kegiatan sosialisasi PMB UNY

Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 sekaligus implementasi perjanjian kerjasama dengan sekolah menengah atas di Hotel Grand Rohan Senin (27/12) yang diikuti oleh kepala sekolah SMA, SMK dan MA secara luring dan daring. Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana sosialisasi lebih awal sangat dibutuhkan agar dapat mempersiapkan diri dalam rangka memberikan kenyamanan akademik bagi pihak sekolah mengawal siswanya untuk melanjutkan studi. “Kepala sekolah sebagai talang atur sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, sehingga peserta didik dapat mempersiapkan lebih awal baik secara akademik ataupun yang lainnya” kata Margana. Lebih lanjut diungkapkan seleksi penerimaan mahasiswa baru UNY harus menjadi nafas dalam membantu peserta didik yang ingin melanjutkan studi, dan berharap peserta didik dapat mengenyam prosesnya atau setidaknya merasakan atmosfer berkompetisi, dan jangan sampai ketidakberuntungan peserta didik menjadi kendala dalam penerimaan mahasiswa baru, karena ada beasiswa KIP Kuliah. Margana berpesan bagi yang mempunyai prestasi luar biasa pada bidang olahraga, seni atau bidang lainnya, ada ruang khusus yang ingin melanjutkan studinya di UNY sesuai implementasi UUD 1945 pasal 31 bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan.

Kabid Pendidikan Menengah Disdikpora DIY Dra. Isti Triasih menyampaikan terima kasih kepada UNY yang telah mempelopori pemberian informasi lebih dini tentang pendaftaran mahasiswa baru SNMPTN dan SBMPTN 2022 yang merupakan kesempatan untuk mengakses informasi tentang pendaftaran mahasiswa baru terutama di UNY secara penuh, supaya tidak terlambat dan ketinggalan informasi. “Di masa pandemi Covid-19, semua peserta didik harus melakukan pembelajaran secara daring tentunya ada hambatan, namun peserta didik sudah dipersiapkan untuk mengikuti jenjang pendidikan lebih tinggi” ungkap Isti. Menurutnya UNY tidak hanya milik Yogyakarta tetapi sudah menjadi milik nasional. Isti berpesan untuk kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru BK untuk mendampingi proses pendaftaran, pemilihan prodi, pelaksanaan seleksi bagi peserta didiknya agar tidak ada kesalahan dan sesuai yang diharapkan.

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Prof. Budi Prasetyo Widyobroto menyatakan bahwa LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru yang membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa berdasarkan nilai akademik atau prestasi lainnya, melalui jalur SNMPTN. “Fungsi LTMPT adalah mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN, melaksanakan ujian tulis berbasis komputer UTBK dan menyampaikan hasilnya kepada peserta dan PTN tujuan” ungkap Budi Prasetyo. Disampaikannya bahwa tanggal penting dalam kegiatan SNMPTN yang akan datang adalah, penetapan siswa eligible 4 Januari – 8 Februari 2022, pengisian PDSS 8 Januari – 8 Februari, pendaftaran SNMPTN 14-28 Februari dan pengumuman SNMPTN 29 Maret. Budi Prasetyo berpesan bahwa informasi resmi SNMPTN dapat dilihat pada laman resmi LTMPT atau layanan call center 0804 1 450 450.

Kegiatan ini dihadiri oleh 225 orang kepala sekolah secara luring dan lebih dari 176 orang kepala sekolah secara daring. Paparan tentang sosialisasi penerimaan mahasiswa baru UNY disampaikan Kepala Admisi UNY Dr. Setya Raharja. Implementasi pelaksanaan kerja sama ini adalah sebagai landasan dalam rangka pelaksanaan kerja sama yang disusun oleh UNY sesuai dengan ruang lingkup pengaturan pelaksanaan kerja sama ini. Tujuan implementasi kegiatan ini adalah untuk saling mendukung kegiatan dalam rangka kerja sama yang berkaitan dengan pelaksanaan penyebaran informasi penerimaan mahasiswa baru dan informasi lain di Universitas Negeri Yogyakarta. Ruang lingkupnya adalah pengiriman perwakilan SMA, SMK dan MA untuk mengikuti kegitan penyebaran informasi terkait penerimaan mahasiswa baru dan informasi lain di Universitas Negeri Yogyakarta. Hal ini berupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu dan kemitraan. (Sudaryono)