Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Kabupaten Cilacap

1
min read
A- A+
read

Penandatanganan nota kesepahaman

Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru bagi guru bimbingan dan konseling serta kepala sekolah se-Kabupaten Cilacap pada Selasa (8/2) di SMAN 3 Cilacap. Kegiatan yang dimotori oleh MGBK Kabupaten Cilacap ini diikuti oleh lebih dari 60 orang guru dan kepala sekolah SMA, SMK dan MA Negeri dan swasta. Koordinator MGBK Kabupaten Cilacap Drs. Afip Suprihatin mengatakan kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 60 sekolah. “Kami terinspirasi dengan jargon UNY bersatu kita maju, bersama kita bisa dan bermitra kita juara, maka kami bersatu mengadakan acara ini untuk memajukan pendidikan di Cilacap” katanya. Harapannya dengan kegiatan ini dapat memberi pencerahan pada guru BK di Kabupaten Cilacap untuk memberikan informasi yang tepat pada siswa tentang penerimaan mahasiswa baru, utamanya di UNY. Ketua MKKS Kabupaten Cilacap Sumarsono, M.Pd merasa gembira dengan kegiatan ini karena dapat mendukung pendidikan di Cilacap agar berkibar seperti kabupaten lainnya. “Padahal Cilacap punya potensi lain yang tidak kalah dengan wilayah lain di Jawa Tengah” kata Sumarsono. Pengalaman selama ini siswa dari Cilacap bisa unggul di jalur ujian tulis atau UTBK namun belum menunjukkan taring di jalur non tes atau SNMPTN. Oleh karena itu kedatangan tim dari UNY sangat tepat waktu dalam rangka mengenalkan UNY dan terjalinnya kerjasama sehingga siswa dari Cilacap ada perhatian tersendiri dari kampus. Hal ini didukung dengan banyaknya siswa dari Cilacap yang kuliah di Yogyakarta utamanya UNY. Sumarsono berharap agar siswa dari Cilacap menjadikan UNY menjadi pilihan utama dalam melanjutkan studinya.

Paparan tentang penerimaan mahasiswa baru UNY dilakukan oleh Koordinator Kantor Layanan Admisi UNY Dr. Setya Raharja, sedangkan strategi pemilihan progam studi oleh Sekretaris Kantor Layanan Admisi UNY Dr. Erwin Setyo Kriswanto. Guru SMKN 1 Kawunganten Lilis Kurniasih merasa gembira dengan kegiatan ini karena memudahkan guru BK dalam memberi penjelasan tentang penerimaan mahasiswa baru bagi siswanya. “Kami yang dari SMK memang membutuhkan sosialisasi seperti ini karena mayoritas lulusannya bekerja. Kami ingin memberi pandangan bahwa lulusan SMK juga bisa kuliah” katanya.  Dalam acara ini sekaligus dilakukan penandatangan nota kesepahaman secara simbolis antara Koordinator Kantor Layanan Admisi dengan Ketua MKKS Kabupaten Cilacap.

Selain di SMAN 3 Cilacap, tim UNY juga melakukan sosialisasi dan paparan di SMAN 1 Maos yang juga dihadiri sejumlah alumni UNY yang berasal dari Cilacap. Pada kegiatan ini seluruh  siswa kelas XII terlihat antusias mengikuti paparan UNY. Kepala sekolah SMAN 1 Maos Dra. Masripah mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas siswa yang diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN atau Mandiri. “Untuk meningkatkan hal itu kami jalin kolaborasi antara guru, siswa dan akademisi yang bersedia membimbing mereka menjadi lebih baik” katanya. Salah satu siswa Maun dari kelas XII IPS merasa senang ada sosialisasi seperti ini karena dapat meningkatkan keinginan studi lanjut ke perguruan tinggi, khususnya lolos SNMPTN di UNY.  Hal ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan dan kemitraan. (Dedy)