Sosialisasi dan Promosi UNY di SMAN 1 Maos Cilacap

1
min read
A- A+
read

Promosi UNY di SMA Maos

Universitas Negeri Yogyakarta melakukan sosialisasi dan promosi di SMAN 1 Maos Cilacap dalam Campus Festival Dalam Rangka Hari Karir SMAN 1 Maos Sabtu, (27/1). Narasumber kegiatan adalah Pranata Humas UNY Dedy Herdito, MM.

Kepala Sekolah SMAN 1 Maos Amin, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini digelar untuk memberikan wawasan bagi siswa kelas 12 yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. “Harapannya dengan ini siswa dapat menentukan pilihan kemana akan studi lanjut” papar Amin. Menurutnya, Yogyakarta dan Bandung masih menjadi tujuan utama alumni sekolahnya untuk kuliah, diantaranya karena kemudahan akses trasnportasi menggunakan kendaraan atau kereta api yang berhenti di Stasiun Maos. Amin juga berharap agar tahun ini jumlah siswa sekolahnya dapat meningkat yang diterima di PTN baik melalui jalur SNBP maupun SNBT.

Narasumber dari UNY memaparkan beberapa hal yang harus dilakukan oleh siswa kelas 12 seperti registrasi Akun SNPMB di Portal SNPMB https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. “Prinsip penerimaaan mahasiswa baru adalah adil, akuntabel, fleksibel, efisien dan transparan” kata Dedy. Kegiatan SNPMB diikuti 76 PTN Akademik, 43 PTN Vokasi dan 24 PTKIN. Program D3 dan D4 adalah pendidikan vokasi yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat untuk mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi. Sedangkan program sarjana adalah pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah. Dedy juga mengingatkan agar siswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi mendaftarkan diri melalui beasiswa KIP Kuliah sebelum studi lanjut.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan sejumlah materi tentang UNY yang memiliki 14 prodi D4 dan 63 prodi S1. Seiring dengan perubahan status dari Badan Layanan Umum (BLU) ke Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), ada beberapa hal yang berubah antara lain kuota masuk siswa lewat jalur Seleksi Mandiri (SM) yang dulu maksimal 30% sekarang menjadi 50%. Menurut Pranata Humas UNY tersebut jalur mandiri UNY terbagi atas beberapa kategori sehingga siswa dapat memilih sesuai dengan passionnya seperti Seleksi Mandiri (SM) Prestasi Akademik, SM Prestasi Unggul, Talent Scouting, Prestasi Olahraga Unggul, SM Skor UTBK atau SM CBT baik CBT Kampus maupun CBT Domisili.

Ketua panitia Campus Festival Septian Riddo Syahputro menjelaskan kegiatan ini merupakan gagasan alumni SMAN 1 Maos yang telah tersebar di perbagai perguruan tinggi untuk untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada siswa-siswi SMA di akhir masa studinya. Informasi dalam dunia pendidikan, kian hari terasa amat menyeluruh dan kompleks. Begitupun halnya dengan perguruan tinggi yang ada di dunia ini terutama di Indonesia, seolah terpaparkan semakin majemuk dalam aneka ragam jenis perguruan tinggi dan spesifikasi fakultas serta jurusan. Hal tersebut seringkali membuat lulusan sekolah menengah mengalami kebingungan untuk menentukan pendidikan di perguruan tinggi. Berbagai keunggulan yang ditawarkan membuat siswa lulusan sekolah menengah mengalami keraguan tatkala harus memilih. Oleh sebab itu, kejelasan informasi tentang suatu perguruan tinggi sangat diperlukan sehingga memberikan gambaran idealisme profesi dan masa depan kepada pelajar, yang bermanfaat dalam memberikan motivasi dan semangat berjuang demi masa depan” ujar Septian. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cenderamata.

MBKM
IKU
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat