Simak Pengalaman Alfi Magang MSIB Kampus Merdeka di StartUp Pendidikan Guruinovatif.id

2
min read
A- A+
read

Alfi

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program persiapan karir yang komprehensif dan memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan jaminan konversi SKS yang diakui perguruan tinggi. Selain program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung pengabdian kepada masyarakat, melalui program MSIB UNY juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri di dunia kerja yang mereka minati.

Alfiana Alfarisya mahasiswi UNY Program Studi Teknologi Pendidikan FIPP mengaku termotivasi mengikuti MSIB Karena  ingin belajar dalam dunia profesional. Ia sangat ingin mengetahui implementasi dari ilmu yang sudah dipelajari di Teknologi Pendidikan selama 5 semester. Alfi memilih untuk magang di startup pendidikan yang ada di Yogyakarta. Salah satu startup pendidikan tersebut adalah Guru Inovatif. “ Di startup pendidikan tersebut, terdapat divisi product and curriculum development. Setelah saya pelajari lebih lanjut, ternyata event yang paling sering diadakan oleh Guru Inovatif yaitu pelatihan. Hal ini sangat menarik perhatian saya karena pelatihan merupakan salah satu fokus bidang di Teknologi Pendidikan.” Ungkapnya.

Selama 135 hari sejak 16 Februari sampai 30 Juni 2024 Alfi serta 22 mahasiswa lainnya dari seluruh Indonesia yang terseleksi menjalani Program MSIB Batch 6 di Guru Inovatif. Kesempatan berjejaring dengan mahasiswa dari berbagai kampus dan latar belakang program studi yang berbeda ini menjadi kesempatan yang sangat mahal di era saat global. Di divisi product and curriculum development, Alfi berkarya bersama Nikki Aisyah Chumairoh mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Udayana Bali dan Ilham Nurhuda mahasiswa Fakultas Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo Jawa Tengah.

Pada awal magang, pekerjaan utama Alfi yaitu menyusun silabus. Namun, dengan seiring berjalannya waktu, ada beberapa tugas yang Alfi lakukan, antara lain: 1) Menyusun pelatihan prakerja; 2) Mendaftarkan pelatihan di Guru Inovatif pada komunitas belajar (kombel) PMM, sehingga pelatihan di Guru Inovatif menjadi lebih kredibel serta dapat diakses oleh seluruh guru di Indonesia; 3) Merancang program baru, yaitu Guru Inovatif Bootcamp, sebuah program baru untuk Guru Inovatif. Kegiatannya berupa  bootcamp yang dilaksanakan 8 kali pertemuan dalam sebulan; 4) Final project yang bernama Yogyakarta Education Summit, yaitu berupa seminar yang dilakukan secara hybrid. Menghadirkan kurang lebih 200 tamu undangan luring dari berbagai dinas, serta 1700 peserta daring melalui Zoom meeting dan Live Streaming Youtube.

Alfi merasa bersyukur UNY memberikan kesempatan untuk magang. “Saya bersyukur, sangat banyak pelajaran yang dapat saya ambil dari magang kali ini, yang utama tentunya saya dapat mengetahui praktik baik ilmu Teknologi Pendidikan di dunia kerja, tentunya disertai dengan menghadapi realita yang terkadang terdapat beberapa rintangan. Saya juga belajar dari mentor guru inovatif di divisi ini, belajar untuk lebih teliti, bisa melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang, belajar untuk lebih kreatif, belajar untuk bekerja keras. Selain itu, saya juga belajar etos kerja yang baik selama magang.” Imbuhnya.

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), salah satu program unggulan dari Kampus Merdeka. Adapun beberapa benefit MSIB yaitu mendapatkan pengalaman di dunia profesional, magang bersertifikat yang diakui, mendapatkan relasi, Konversi maksimal 20 SKS, pendampingan mentor profesional, mendapatkan biaya bantuan hidup (BBH).

Mahasiswi asal Pemalang Jawa Tengah tersebut membagikan tips sukses untuk mahasiswa yang tertarik magang di startup pendidikan agar lolos seleksi dan sukses menjalani program MSIB. Pertama, pastikan kamu yakin untuk mengikuti serangkaian proses MSIB, jangan lupa minta restu orang tua, persiapkan dengan matang (CV dan portfolio), pilih instansi yang relevan dengan program studi atau pilih instansi yang menarik dan kamu yakin bisa lolos di instansi tersebut dengan bekal pengalaman yang kamu miliki, ikuti proses seleksi dengan maksimal (ada beberapa tahapan seleksi: administrasi, psikotes, essay, video, dll) biasanya setiap instansi memiliki tahan seleksi yang berbeda.

Selanjutnya bagian yang tidak kalah penting adalah wawancara. Maksimalkan diri saat sesi wawancara, Ikuti program MSIB dengan konsisten dan tanggung jawab, selesaikan semua jobdesk yang diberikan oleh mentor Jika ada yang tidak paham jangan sungkan untuk bertanya, berdiskusi dan menjalin komunikasi yang baik dengan sesama teman MSIB dan mentor. Dan terakhir yang juga penting adalah disiplin.

Penulis
Deby Pranata
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus