Sereal REALNYAM Membawa Tim Arkana UNY Raih Juara Harapan 1 Bussines Plan Competition OLIVIA 2022

2
min read
A- A+
read

Perwakilan tim UNY berhasil berprestasi di ajang Olimpiade Vokasi Indonesia (0LIVIA) 2022 yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 15-28 Oktober 2022. OLIVIA 2022 ini merupakan kompetisi tahunan yang ditujukan untuk Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) yang mana pada kompetisi kali ini diikuti oleh 513 tim dari 54 perguruan tinggi dan 16 provinsi di Indonesia. 7 cabang yang diperlombakan meliputi Lomba Inovasi Kontrol dan Instrumentasi, Lomba Ekonomi Kreatif Digital, Lomba Desain Website, Lomba Cipta Menu dan Resep, Lomba Inovasi Konstruksi, LKTI dan Lomba Sport Science

Pada perhelatan yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta tersebut, tuan rumah mengirimkan 41 mahasiswa yang lolos sebagai finalis dari 7 cabang lomba. Diantaranya yaitu 3 tim finalis di cabang Lomba Business Plan Competition. Salah satu tim, Tim Arkana yang terdiri dari Aisah Latif Mawarni (D4 Akuntansi), Isabeliana Mulia Sari (D4 Administrasi Perkantoran), Puput Pudyan Swasmaningrum (D4 Administrasi Perkantoran), Anis Nurjanah (D4 Administrasi Perkantoran), dan Dandy Alfiansyah (D4 Administrasi Perkantoran) berhasil menjadi Juara Harapan 1 OLIVIA 2022 Cabang Ekonomi Kreatif Digital dalam lomba Bisnis Plan Competition.    

Aisah mengatakan, “Pada Lomba OLIVIA 2022 cabang lomba Ekonomi Kreatif Digital ini, kami berpartisipasi dalam lomba Business Plan Competition dengan judul bisnis kami yaitu  REALNYAM: Inovasi Sereal Herbal Anti Diabetes Sebagai Pengoptimalan Potensi Tanaman Tayuman (Bauhinia Purpurea) Guna Mengangkat Perekonomian Gunungkidul Menuju Indonesia Emas 2045”. Aisah dan tim Arkana UNY menggunakan daun tayuman (Bauhinia Purpurea) yang banyak ditemukan di Gunungkidul sebagai bahan baku dalam inovasi produk sereal “REALNYAM”. Dimana kandungan dari daun tersebut dapat digunakan sebagai anti diabetes. 

Ide Bisnis Plan Competition ini merupakan pengembangan dari Karya Ilmiah mengenai potensi tanaman tayuman yang sebelumnya telah dilakukan oleh Aisah Latif Mawarni (D4 Akuntansi), Ragiladi Saputra (Manajemen Pendidikan), Hanifah Wigati (Sastra Inggris) dan Irma Indriana pada tahun 2019. Pada kesempatan kali ini Aisah dkk, kembali membawa produk REALNYAM dengan inovasi barunya sebagai produk kesehatan pada kompetisi OLIVIA 2022 setelah melalui proses uji laboratorium dan pengolahan daun tayuman secara terbimbing. “Dengan berbekal uji kelayakan dari BPOM, kami optimis mampu menjadikan produk REALNYAM sebagai produk kesehatan yang terpercaya sekaligus menjadi produk oleh-oleh Gunungkidul dalam rencana keberlanjutannya.” Imbuh Aisah.
Meskipun baru memperoleh Juara Harapan 1, Perjuangan meraih kejuaraan dalam kompetisi ini bukanlah hal yang mudah, mereka harus berkompetisi dengan tim-tim tangguh dari perguruan tinggi lain “ Sebenarnya saya juga tidak menyangka bisa mendapat  juara disini, apalagi melihat tim-tim yang ikut di sini adalah tim yang hebat-hebat. Saya sangat bangga dengan kerja keras Tim Arkana.” tutur Isabeliana. 

Pertanyaan dan saran serta kesan dari dewan juri menjadi pengalaman tersendiri bagi Tim Arkana, “Selain karena berhadapan dengan tim-tim tangguh, para dewan juri yang hebat dan kritis membersamai kami dengan berbagai macam pertanyaan mengenai proposal bisnis yang kami presentasikan, hal ini menjadi pengalaman dan pembelajaran bagi kami dalam melatih keberanian, kepahaman dan kesesuaian dalam menjawab pertanyaan sekaligus kesempatan yang berharga karena bisa mendapatkan kritik dan saran mengenai produk REALNYAM”, tambah Puput.  

Sementara itu, sebuah kesan menarik juga disampaikan oleh Anis Nurjanah, “Sekeras apapun kita mengusahakan, keputusan terbaik adalah kehendak dari Allah. Sebagai seorang hamba, kita hanya bisa berencana, berusaha dan berdoa, Allah yang maha menentukan, maka sebagai hamba yang beriman kita harus senantiasa bersyukur atas hasil yang kita peroleh”. 

Akhir kata Aisah berpesan, bahwa untuk mengupgrade kemampuan dan skill, maka harus berani keluar dari zona nyaman, dan mulai beradaptasi serta memanfaatkan peluang yang ada dengan sebaik mungkin. Menambah relasi dengan orang-orang yang berpengalaman, selalu berada di lingkungan positif dan mempersiapkan planning hidup dengan semangat juga niat penuh untuk mencapainya. Selalu ada harapan bagi mereka yang berdoa dan selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha, perlu diingat pula bahwa sebaik-baiknya manusia, adalah mereka yang dapat memberikan manfaat untuk orang lain.  

Kompetisi Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) ini ditutup pada 28 Oktober 2022 pukul 20.00 WIB dengan closing ceremony dan pengumuman kejuaraan. Semoga kedepanya delegasi UNY bisa lebih optimal dalam mengikuti berbagai ajang perlombaan, sehingga dapat meraih hasil yang lebih baik dan mampu memberikan kontribusi nyata kepada lingkungan serta masyarakat luas, dan semua hasil penelitiannya dapat dikembangkan lebih lanjut di masa mendatang.


Penulis: Aisah Latif Mawarni (D4 Akuntansi A Gunungkidul)
Editor: Prasetyo

IKU