SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2019 : MENINGKATKAN KUALITAS SDM ERA ARTIFICAL INTELLIGENCE.

1
min read
A- A+
read
SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2019 : MENINGKATKAN KUALITAS SDM ERA ARTIFICAL INTELLIGENCE.

Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Ke- 55 melalui kegiatan UNY Scientific Fair#8, Universitas Negeri Yogyakarta dengan UKM Penelitian mengadakan seminar nasional dengan Tema”Urgensi Potensi 21 st Century Learning Sarana Meningkatkan Kualitas SDM di Era Artificial Intelligence.” Acara diadakan di Aula lt. 7 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 27 April 2019.

Acara seminar dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Margana, M.Hum, M.A. Prof. Margana dalam sambutannya menekankan sekarang saat ini perubahan jaman sangat cepat. Kita dituntut berubah dari Lower Order Thinking Skill menjadi Higher Order Thinking Skills. Perubahan jaman tersebut harus diantisipasi dan mampu dimanfaatkan khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Seminar tersebut menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten dan bergelut di bidang Pendidikan. Pembicara pertama ialah Prof. Dr. Slamet PH.,MA.,M.Ed.,MA.,MLHR, Ph.D. Pembicara kedua diisi oleh Prof. Dr. Siti Irene Astuti D,M.Si. Kedua narasumber tersebut merupakan guru besar Universitas Negeri Yogyakarta. Sedangkan Narasumber ketiga diisi tokoh yang bergelut dalam star-up di dunia pendidikan yakni Tyovan Ari Widagdo, chairman “bahaso.com” yang bergelut di bidang belajar bahasa asing.

Aditia Pramudia Sunandar, selaku ketua panitia mengatakan bahwa acara seminar nasional ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian acara UNY Scientific Fair #8 dalam rangka Dies Natalis UNY-55. Mahasiswa Prodi Biologi 2017 tersebut mengatakan bahwa sebelumnya sudah diadakan lomba foster dan LKTI nasional, 26 April 2019 di GPLA FIK UNY, seminar nasional dan presenting call for paper yang diikuti 24 peserta setelah diseleksi dari beberapa paper yang masuk dari beberapa universitas dari berbagai strata pendidikan S1, S2 dan S3.

Acara seminar diikuti 234 peserta yang berasal dari berbagai kalangan baik mahasiswa dan guru-guru. Acara seminar diakhiri dengan pengumuman lomba pemenang Lomba Foster Nasional dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Selanjutnya adalah presentasi peserta call papers.  Aditia mengatakan peserta LKTI akan diterbitkan dalam bentuk Prosiding. Acara berlangsung menarik dan dipandu oleh Alumni UNY, Rizal Gustian Setiawan. (Toba Sastrawan Manik/JK).