Seminar Internasional ICARE 2022

1
min read
A- A+
read

Seminat internasional ICARE

Pascasarjana UNY bersama Keluarga Mahasiswa Pascasarjana UNY menyelenggarakan seminar internasional yang bertajuk International Conference on Advanced Technology Education and Research Engineering (ICARE) yang berlangsung selama 2 hari pada tanggal 16-17 september 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan platform bagi para peneliti, pakar dan praktisi dari akademisi, pemerintah, LSM, lembaga penelitian, dan industri dan untuk berbagi kemajuan terbaru di bidang Teknologi, Rekayasa dan Pendidikan. Konferensi ini juga memberikan kesempatan yang sangat baik untuk terhubung dengan peserta global dan meningkatkan kolaborasi lebih lanjut.

Membangun koneksi pembelajaran yang kuat harus dianggap sebagai prioritas tertinggi di lembaga pendidikan. Keterkaitan membuka jalan bagi pemikiran kritis dan merupakan konsep dasar yang menghubungkan konteks dan relevansi. “Di era informasi digital ini, teknologi memiliki potensi yang sangat besar untuk membantu seluruh proses koneksi ini.” buka Direktur Pascasarjana UNY, Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd.

Kegiatan yang dilaksanakan secara blended learning di Aula Lantai 7 Gedung Imam Barnadib dan Platform zoom ini pada hari pertama berlangsung dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. ICARE mengusung tema “Research and Innovation in Technology, Engineering and Education in The 21st Century” dengan menghadirkan 3 pembicara dari berbagai pakar.

Pembicara pertama adalah Prof. Dr. M. Bruri Triyono, M.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta yang membahas tentang Technology and Vocational Education Training (TVET) yang kemudian dilanjutkan oleh Prof. Madya Dr. Nor Lisa Binti Sulaiman dari Universiti Tun Hussein Onn (UTHM) Malaysia yang membahas tentang Education in the 21st Century. Kegiatan hari pertama ditutup dengan pemaparan dari Prof. Dr. G Kulanthaivel dari National Institute of Technical Teacher Training and Research (NITTTR) Chennai, India.

Kegiatan hari kedua berlangsung mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB dengan agenda paralel session dimana seluruh presenter mempresentasikan hasil penelitiannya secara bergantian dalam bahasa Inggris. ICARE ditutup dengan awarding best presenter dari setiap room yang disediakan.

Penulis : Shod/Anton

Editor : Dedy