Salsabila Agustina Raih Indeks Prestasi Kumulatif Tertinggi Wisuda UNY

2
min read
A- A+
read

Bella bersama orang tuanya

Salsabila Agustina, S.Stat berhasil meraih indeks prestasi tertinggi jenjang sarjana yaitu 3,93 dalam Wisuda Periode II Tahun Akademik 2023/2024 Universitas Negeri Yogyakarta di GOR UNY, Sabtu (2/12).

Gadis yang akrab dipanggil Bella tersebut mengungkapkan bahwa ia diterima di UNY melalui jalur SBMPTN pada program studi Statistika Fakultas MIPA tahun 2019. Pilihan pada program studi ini karena ingin mempelajari lebih dalam. Pada masa perkuliahan Bella menemui berbagai macam orang dari berbagai daerah di Indonesia dengan fokus pendidikan yang berbeda-beda. “Hari pertama kuliah, saya kagum dengan teman-teman kelas yang memiliki minat pada bidang yang sama. Tentunya saya juga menemui dosen-dosen dengan pengetahuan yang begitu luas untuk dibagikan kepada kami yang masih awam ini” katanya. Selain itu Bella juga mengikuti kepanitiaan berupa kegiatan bakti sosial ke sebuah dusun di Gunungkidul sebagai seksi publikasi dan dokumentasi. Disini ia mempelajari cara mendesain, mendokumentasikan, dan mempublikasikan kegiatan.

Pada awal 2020, perkuliahan yang semula dilaksanakan secara offline berubah menjadi online akibat munculnya virus Covid-19. Pada mulanya cukup menyenangkan karena bisa melaksanakan kuliah di rumah masing-masing. Namun perkuliahan daring berlangsung cukup lama sehingga Bella perlu beradaptasi dengan sistem yang baru. “Materi mata kuliah yang diajarkan semakin kompleks sehingga menjadi tantangan bagi saya untuk mengikuti perkuliahan daring tersebut” paparnya. Warga Magelang Jawa Tengah itu mengatasinya dengan memperhatikan, mencatat, dan mempraktikkan analisis yang dosen berikan selama perkuliahan. Selain itu ia melakukan diskusi dengan teman terkait tugas yang diberikan untuk menambah pemahaman terkait materi tersebut.

Putri bungsu pasangan Tony Efendi seorang wiraswasta dan Nahru Rosidah Budiarti seorang guru PNS tersebut mengungkapkan selama masa pandemi juga sempat ikut kepanitiaan PKKMB tahun 2020 sebagai seksi publikasi dan dokumentasi. Tahun 2021 ia melakukan PKL di salah satu BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Sleman, Yogyakarta. Bella melakukan diskusi dengan pembimbing lapangan PKL terkait data gempa bumi dan melakukan analisis data terkait data tersebut.

Aktivitas gadis kelahiran 10 Agustus 2000 tersebut tidak berhenti sampai disitu. Bella mengikuti short course Statictical Quality Control dalam program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) yang diselanggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada Agustus hingga awal Oktober 2021. Kemudian, pada pertengahan Oktober 2021 aktif mengikuti kepanitiaan yang diselanggarakan oleh Haska JMF FMIPA UNY sebagai staff PDD dengan kegiatan di bidang keagamaan. Pada November 2021, Bella menjadi peserta National Statistics Competition (NSC) yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor. Selain itu ia menjadi pengurus UKMF Kelompok Sekrup sebagai staff dana dan usaha periode 2021-2022. UKMF Sekrup merupakan unit kegiatan mahasiswa FMIPA UNY yang bergerak di bidang seni. Bella juga sempat mengikuti course online Pacmann Intro to Data Engineering pada Februari 2022 untuk menambah pengetahuan terkait data engineering dan sistem kasir sederhana.

Bella melakukan kegiatan KKN secara offline karena pandemi telah mereda pada tahun 2022 pada salah satu dusun di Kabupaten Sleman. Saat itu Bella belajar bagaimana hidup bermasyarakat dengan tetangga, melakukan kerja bakti, mengadakan bimbingan belajar, dan membantu pelaksanaan program-program di dusun tersebut.

Selesai KKN Bella menyelesaikan laporan PKL dan mulai menyusun tugas akhir skripsi. Disini ia mempelajari ilmu statistika secara teori maupun komputasi menggunakan aplikasi RStudio, Python, Minitab, XAMPP, SPSS, dan aplikasi lainnya. Akhirnya pada akhir Agustus Bella melaksanakan sidang skripsi dan yudisium pada bulan September serta menjadi lulusan S1 Statistika UNY. “Dengan ilmu dan pengalaman yang saya peroleh di perkuliahan, saya panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT dan rasa terimakasih kepada kedua orang tua yang terus mendukung saya. Hidup ini seperti ombak, jangan sampai tersapu, teruslah berproses dan berusaha” tutup Bella.

Penulis: Bella

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak