RAT KPRI Mapan Sejahtera Tutup Buku 2022 dengan SHU 750 juta

1
min read
A- A+
read

Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan forum tertinggi untuk menilai evaluasi dan menentukan arah kebijakan yang dilakukan oleh pengurus koperasi setiap tahunnya, oleh karena itu RAT KPRI Mapan Sejahtera Tahun 2022 diselenggarakan sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus dan badan pengawas koperasi kepada anggota koperasi sebagai kekuasaan tertinggi dalam koperasi. RAT ini diikuti oleh 154 perwakilan dari sebanyak 1.538 anggota KPRI, juga turut dihadiri oleh Dinas Koperasi dan UKM, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA), dan pengurus serta pengelola KPRI. Demikian ucapan pembuka dari perwakilan pengurus KPRI Mapan Sejahtera, Penny Rahmawaty, S.E., M.Si.

Ketua pengurus KPRI Mapan Sejahtera, Dr. Siswanto, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa RAT kali ini menjadi sarana bagi pengurus dan badan pengawas serta segenap anggota untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT dan terus melakukan evaluasi dan pembenahan serta mempersiapkan perencanaan sebaik-baiknya sehingga konsep kerja Profesional, Amanah, Sejahtera, Tertata dan Inovatif (PASTI) dapat terwujud. "Untuk tahun 2022, dari berbagai aktivitas usaha yang kami sajikan dalam laporan menunjukkan hasil usaha atau pendapatan mencapai Rp. 2.433.760.523 dan SHU sebesar Rp. 751.064.379, terima kasih kepada para pengurus dan semua anggota yang telah berperan aktif membesarkan koperasi kita" imbuhnya.

Perwakilan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Kabupaten Sleman, Drs. Sumadi turut menghadiri dan mengucapkan selamat kepada KPRI Mapan Sejahtera yang sudah melaksanakan RAT di awal tahun, karena dalam aturan perkoperasian Permenkop dan UKM no 19 tahun 2015, lembaga koperasi terlambat mengadakan RAT akan ada sanksi, apalagi jika tidak mengadakan. dan KPRI Mapan Sejahtera telah melakukan kewajibannya mengadakan RAT di bulan Februari. "harapan adanya RAT ini, anggota dapat mengetahui laporan tahunan, dan kemudian menganalisa, dan mengambil keputusan bersama, serta ajang diskusi dalam memajukan KPRI Mapan Sejahtera ini" sambutnya.

"Saya pribadi sangat mengapresiasi atas kenaikan perolehan income KPRI Mapan Sejahtera periode tutup tahun 2022 ini, sehingga besaran SHU yang akan diterima oleh para anggotanya juga akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya" ucap Rektor UNY dalam sambutannya. Prof. Sumaryanto juga berharap, jika kedepannya akan semakin maju dan berkembang lebih baik lagi "Semoga selepas dari sudah hilangnya pandemi yang melanda selama beberapa tahun kemarin, menjadikan semua sektor usaha KPRI Mapan Sejahtera semakin kokoh dan berkembang".

Wening Widayati, S.Sos., M.Si. Pengawas Koperasi dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman, menyampaikan ucapan selamat dari Kepala Dinas Koperasi UKM yang berhalangan hadir, "Selamat kepada Koperasi KPRI Mapan Sejahtera yang telah melaksanakan RAT Tutup Buku 2022, dan terdapat peningkatan aset serta SHU dari 2021 ke 2022, dan cash ratio sangat cukup baik. "kami harap dalam RAT ini, para anggota dapat melihat, mencermati, dan mengoreksi, jika ada sesuatu hal yang ingin ditanyakan atau dimusyawarahkan, karena semua anggota adalah pemilik sekaligus pengguna dari KPRI Mapan Sejahtera ini" imbuhnya.

Selepas acara sambutan, dilanjutkan dengan rapat anggota secara diskusi dan tanya jawab terkait laporan tutup buku tahun 2022. Secara umum, para perwakilan anggota menyatakan setuju atas laporan dari pengurus dan pengelola KPRI Mapan Sejahtera, dan mengesahkan pembagian SHU sesuai dengan proporsinya masing-masing. Semoga dengan adanya RAT Tutup Buku Tahun 2022 KPRI Mapan Sejahtera, akan dapat meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

Penulis: Prasetyo
Editor Sudaryono

IKU