PRODI TEKNOLOGI INFORMASI (S1) JALANI ASESMEN LAPANGAN DARI BAN-PT

1
min read
A- A+
read

Suasana asesmen secara online

Program Studi Teknologi Informasi (S1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada Jumat – Sabtu (17–18/12/2021). Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. dari Institut Pertanian Bogor dan Dr. Amil Ahmad Ilham, S.T., M.IT. dari Universitas Hasanuddin. AL diawali dengan sambutan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang dalam hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr Margana, M.Hum., M.A.

Margana menjelaskan bahwa Prodi Teknologi Informasi meski termasuk baru namun kini menjelma primadona dengan peminatan pada tahun 2021/2022 lebih dari 4000 pelamar dengan rasio 1:91. “Prodi Teknologi Informasi telah menjadi magnet bagi kami dalam menarik mahasiswa seantero nusantara bahkan luar negeri,” lanjut Margana.

“UNY yang memperoleh Peringkat 2 Indikator Kerja Utama Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (IKU PTN BLU) tahun 2021 terus berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan akademik serta pengembangan SDM,” terangnya.

“Saat ini, UNY memiliki 114 Guru Besar dan akan terus meningkat dan berbagai program terus digalakkan untuk peningkatan kualitas akademik seperti Program Praktisi mengajar di kampus, visiting professor inbound dan outbound dan lain-lain,” tutupnya.

Sementara itu, Sri Nurdiati dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas mereka adalah lebih kepada konfirmasi terkait data dan dokumen yang telah dikirimkan ke BAN PT, jadi lebih banyak review dan sharing dalam upaya mereview data-data yang telah dikirimkan.

“Saya rasa posisi UNY yang sudah bagus di nasional dan juga cukup banyak memiliki asesor kiranya telah melakukan self-assessment sehingga saya rasa proses selama 2 hari ini lebih kepada sharing saja sesuai dengan panduan BAN-PT,” ujarnya

Senada dengan hal tersebut, Amil Ahmad Ilham menyampaikan harapanya agar selama dua hari kedepan dapat saling berbagi pengalaman untuk peningkatan Program Studi Teknologi Informasi (S1).

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi Dekan FT UNY kemudian proses verifikasi Borang III A dan Borang III B Fakultas dan Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama. Seluruh tahapan kegiatan ini sangat relevan dengan pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan UNY dalam bidang pendidikan bermutu. (Hryo)