PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNY KEMBALI MELAKSANAKAN SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM), DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MANADO

2
min read
A- A+
read

PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNY KEMBALI MELAKSANAKAN SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM), DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Selasa, 02 November 2021 menjadi salah satu rangkaian akhir kegiatan Center of Excellence (CoE) yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Sosiologi UNY dengan melaksanakan sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado. Sosialisasi praktik baik implementasi kurikulum MBKM kali ini sedikit berbeda dengan sosialisasi sebelumnya, karena tidak hanya dihadiri oleh Prodi Pendidikan Sosiologi saja, namun juga dihadiri oleh seluruh perwakilan program studi di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado, yang terdiri 8 prodi, yaitu PPKn; Pendidikan Geografi; Pendidikan Sejarah; Pendidikan Sosiologi; Pendidikan IPS; Geografi; Ilmu Hukum; dan Ilmu Administrasi Negara, yang masing-masing diwakili oleh koordinator prodi dan atau sekretaris prodi. Selain dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing prodi, kegiatan sosialisasi kurikulum MBKM ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado Dr. Apeles Lexi Lonto, M.Si.; Pembantu Dekan I Prof. Dr. Ferdinand Kerebungu, M.Si.; dan Pembantu Dekan II Dr. Hetreda Terry, M.Hum. Sedangkan tim CoE dari Prodi Pendidikan Sosiologi UNY terdiri 4 dosen yaitu Grendi Hendrastomo, M.M.,M.A. selaku ketua tim, Nur Endah Januarti, M.A., Datu Jatmiko, M.A., dan Sasiana Gilar Apriantika, M.A.

Acara dipandu oleh Prof. Dr. Ferdinand Kerebungu selaku Pembantu Dekan I FIS Universitas Negeri Manado, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Apeles Lexi Lonto, M.Si selaku Dekan dan dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing perwakilan setiap prodi yang hadir, selanjutnya tim Bapak Grendi Hendrastomo, M.M.,M.A. juga memberikan sambutan selaku ketua tim sekaligus memperkenalkan seluruh anggota tim dari Prodi Pendidikan Sosiologi UNY. Sebelum dilanjutkan dengan acara sosialisasi kurikulum MBKM, terlebih dahulu dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado dengan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Sosialisasi Kurikulum MBKM diawali dnegan pemaparan dari Bapak Grendi Hendrastomo, M.M.,M.A. tentang bagaimana tahapan pengembangan kurikulum MBKM yang telah dilakukan oleh Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY, mulai dari menentukan profil lulusan, menyusun bahan kajian, menentukan mata kuliah yang mendukung profil lulusan, hingga proses pengembangan jaringan/mitra untuk pelaksanaan kegiatan belajar di luar kampus.

Selanjutnya, pemaparan dilakukan oleh Ibu Nur Endah Januarti, M.A. yang memaparkan tentang proses penyempurnaan kurikulum MBKM, yang terdiri dari 2 proses yaitu (1) penyusunan instrument pembelajaran berbentuk RPS berbasis Team Based Project dan/atau case methode dan (2) skema ekuivalensi terhadap kegiatan belajar di luar kampus yang dilakukan mahasiswa. Dalam kesempatan ini, Bu Endah juga menyampaikan tentang bagaimana pentingnya dukungan dari lembaga, yaitu pihak universitas dan fakultas tentang peraturan yang berkaitan dengan implementasi kurikulum MBKM, seperti yang telah dimiliki oleh UNY melalui Peraturan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 7 Tahun 2020 tentang Panduan Implementasi Kurikulum MBKM. Materi selanjutnya, disampaikan oleh Bapak Datu Jatmiko, M.A. tentang implementasi kurikulum MBKM yang telah dilakukan oleh Prodi Pendidikan Sosiologi UNY, yaitu tentang mekanisme pelaksanaan kegiatan belajar di luar kampus oleh mahasiswa, mulai dari sosialisasi, seleksi, pembekalan, dan penerjunan, serta bagaimana kegiatan belajar di luar kampus tersebut dapat diekuivalensikan ke dalam mata kuliah. Pemaparan 3 materi selesai, kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi yaitu adanya pertanyaan dan tanggapan dari peserta, diantaranya tentang bagaimana menanggapi himbauan Kemdisbudristek tentang kegiatan belajar di luar kampus yang berbobot 20 sks, dan praktik yang telah dilakukan oleh Prodi Pendidikan Sosiologi UNY.

Selanjutnya, tanggapan juga diberikan oleh peserta melalui apresiasi yang diberikan kepada Prodi Pendidikan Sosiologi tentang proses penyusunan kurikulum MBKM yang telah dirancang mulai dari skema kurikulum, penyusunan RPS dan instrument penilaian, skema ekuivalensi kegiatan belajar di luar kampus, dan penyusunan 8 buku panduan kegiatan belajar di luar kampus. Acara terakhir di fakultas, ditutup dengan closing statement dari Dekan FIS Universitas Negeri Manado dan dari ketua tim sosialisasi Kurikulum MBKM Prodi Pendidikan Sosiologi UNY, seklaigus menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan epresiasi luar biasa yang telah diberikan. Harapannya, kerja sama dalam bentuk lain akan segera terjalin, baik di bidang penelitian, pengabdian, pengajaran, maupun kemahasiswaa antara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado dengan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (Sasi)