PERPUSTAKAAN UNY DIAKREDITASI

1
min read
A- A+
read

PERPUSTAKAAN UNY DIAKREDITASI

Universitas Negeri Yogyakarta menerima kunjungan dari tim asesor perpustakaan nasional RI di Rektorat, Jumat (26/11). Kunjungan diterima oleh Rektor UNY Prof. Sumaryanto, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Margana, Kepala UPT Perpustakaan Prof. Sulis Triyono dan sejumlah staf perpustakaan UNY. Tim asesor yaitu Desi Mardianingsih, S.Sos, Indah Mindhar Winanti, S.Sos, Khusnul Khotimah, M.I.P dan Rendra Khris Ardhi Artha, M.Si didampingi sejumlah tim dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY.

Desi Mardianingsih mengatakan bahwa kedatangan tim perpustakaan nasional dalam rangka memberikan penilaian keseluruhan bagi akreditasi perpustakaan UNY. “Saya terkesan dengan kemajuan UNY yang sangat pesat, dan hasil penilaian ini akan disidang plenokan” katanya. Diungkapkan Rendra Khris Ardhi Artha bahwa nilai yang diperoleh perpustakaan UNY tertinggi diantara lainnya. “Biasanya plafon kami dalam penilaian adalah 95, namun dari para asesor memberikan nilai 96,38” paparnya. Dalam sidang pleno akan dipertahankan argumentasi para asesor yang memberikan penilaian tersebut di hadapan asesor senior. Rendra merekomendasikan untuk mengikuti diklat manajemen perpustakaan.

Rektor UNY menyambut baik kedatangan para asesor perpustakaan nasional  dan meminta bimbingan untuk mengembangkan perpustakaan UNY karena perpustakaan adalah jendela sukses segalanya.  Wakil Rektor Bidang Akademik  berharap agar perpustakaan UNY dimanfaatkan bagi semua pihak bukan hanya bagi civitas akademika UNY karena disadari bahwa pada saat ini diperlukan sinergi untuk mengembangkan dunia pendidikan melalui perpustakaan yang dimiliki. Menurutnya bahwa di era revolusi industri 4.0 ini mau tidak mau perpustakaan harus punya koleksi digital sehingga sedang diupayakan penambahan koleksinya. Margana juga meminta para tim asesor dan pendamping agar selalu memberi bimbingan untuk mengakselerasi segi layanan, tatakelola, akuntabiltas serta peningkatan koleksi untuk meningkatan kenyamanan penggguna.

Kepala UPT Perpustakaan Prof. Sulis Triyono mengatakan kegiatan ini dalam rangka akreditasi perpustakaan UNY.  Menurutnya perpustakaan UNY telah divisitasi dengan berhasil meraih nilai akreditasi 96,38 dari 6 komponen yaitu koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggara dan pengelolaan, serta komponen penguat.  Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni UNY tersebut berharap agar UPT Perpustakaan UNY lebih dikenal masyarakat luas karena berpartisipasi turut mencerdaskan kehidupan bangsa melalui layanan perpustakaan ke masyarakat, turut membudayakan literasi digital melalui layanan e-journal dan e-book, turut mendukung Program SEPATU JOLIFA (Sistem Layanan Terpadu Jogja Library for All) yang dicanangkan Gubernur DIY dan DPAD DIY, turut berperan aktif membantu Perpustakaan Desa di seluruh DIY, bersinergis dengan DPAD DIY dan Perpusda se-DIY dalam meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat serta terus meningkatkan kerjasama antara UPT Perpustakaan UNY dan Perpusnas RI dan Perpusda se-Indonesia. (Dedy)