Peringatan Dies Natalis 61 FT UNY: Penguatan Inovasi Pada Perguruan Tinggi

1
min read
A- A+
read

Upacara dies

Kini industri dunia dikuasai oleh perusahan-perusahan berbasis IT yang bermain di dunia maya begitu juga di Indonesia, sadar atau tidak sekarang perubahan terjadi begitu massive sangat luar biasa dan hampir semuanya dipengaruhi oleh teknologi. Perubahan ini juga memacu perguruan tinggi untuk lebih menekankan pada digital literacy dan membekali mahasiswa dengan kreativitas tinggi, kemampuan problem-solving, komunikasi dan kolaborasi. Demikian disampaikan Prof. Dr. Ir. Mochammad Ashari, M.Eng., Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) kala mengisi Orasi Ilmiah pada Penringatan Dies Natalis 61 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (07/02/2022) yang dilaksanakan secara hybrid, online dan offline.

Ashari melanjutkan bahwa Ekosistem pendidikan di perguruan tinggi telah melahirkan LPPM namun saat ini kampus dituntut memiliki pusat inovasi sehingga dapat melahirkan produk yang siap dipasarkan dimana di tempat kami berfokus pada bidang Otomotif, ICT & Robotics, Creative Design dan Maritim.

Sementara itu, Rektor UNY, Prof. Sumaryanto, M.Kes dalam sambutannya memberikan apresiasi tinggi atas kiprah FT UNY yang telah melahirkan banyak prestasi baik dikancah nasional dan bahkan internasional. “Tentu raihan-raihan itu akan terus kami dukung dengan berbagai kebijakan sehingga para mahasiswa FT makin bersemangat dalam berkompetisi dan menorehkan tinta-tinta emas demi mengharumkan nama kampus,” lanjutnya.

Peringatan Dies Natalis 61 FT UNY ini juga diwarnai dengan penyerahaan 143 sepeda listrik Inobike karya mahasiswa FT UNY untuk mendukung Green Campus. Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dalam laporannya menyampaikan bahwa FT UNY terus berupaya unutk melahirkan inovasi dan menekankan kewirausahaan untuk penguatan income generating demi mendukung UNY PTNBH. (hryo)