Peningkatan Kualitas melalui Akreditasi Internasional ASIIN Program Studi Fisika, Pendidikan Fisika, dan Statistika FMIPA UNY

1
min read
A- A+
read

Akreditasi ASIIN FMIPA

Universitas Negeri Yogyakarta terus berupaya untuk mengembangkan bidang penelitian dan pemberdayaan masyarakat. Untuk itu UNY mendorong seluruh prodi yang ada di UNY untuk bisa melangkah jauh lagi dalam memperoleh akreditasi internasional. Salah satu akreditasi internasional yang kini tengah dilakukan oleh FMIPA UNY yakni akreditasi ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, The Natural Sciences and Mathematics). Ada 3 prodi yang mengajukan akreditasi ASIIN yaitu Fisika S1, Pendidikan Fisika S1, dan Statistika S1. Kegiatan akreditasi internasional ASIIN ini dilaksanakan Rabu-Kamis (5-6/6/24). Pembukaan dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY.

Tim asesmen terdiri dari Sascha Warnke selaku Projek Manager ASIIN, Prof. Dr. Thomas Martin Trefzger dari Universität Würzburg, Prof. Dr. Susanne Rockinger dari Ostbayrische Technische Hochschule Regensburg, Herri Trilaksana, PhD dari Universitas Airlangga, Langgam Bagaspratomo selaku pewakilan praktisi industri dari PT Fortasinado, dan Jihan Shafiyah dari Universitas Brawijaya. Sedangkan dari UNY hadir Rektor UNY yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Prof. Soni Nopembri, S.Pd., M.Pd., Ph.D.), Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi dan Usaha (Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A.). Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Direktorat Akademik, Kemahasiswaan and Alumni (Prof. Dr. Lia Yuliana, S.Pd., M.Pd.), Direktur Kerjasama, Informasi dan Kewirausahaan (Dr. Darmono), Direktur DPM (Prof. Dr. Aman, M.Pd.), Kepala Kantor Hubungan Internasional (Prof. Dr. Ruri Triyono), Kepala Satuan Penjaminan Mutu (Prof. Dr. Wagiran), dan Kepala Perpustakaan (Prof. Dr. Sulis Triyono).

Prof. Soni Nopembri, dalam sambutannya berharap dengan mengikuti prosedur di ASIIN, UNY akan meningkatkan standar dan kualitas terutama dalam kemitraan internasional dan membangun semua pengakuan internasional. UNY telah menjalankan strategi aksi internasinal, diantaranya Join curriculum; Visiting Professor, Guest Lecturer, dan kerjasama supervise (tesis dan disertasi untuk program S2 dan S3).

UNY juga bekerjasama dibidang penelitian, International Undergraduate Program (IUP), kerjasama publikasi konferensi internasional, dan kerjasama dibidang pendidikan seperti program transfer kredit, pertukaran mahasiswa, short/summer course, double degree, dan joint degree.

Dalam kegiatan 2 hari tersebut, para asesor berdiskusi dengan jajaran pimpinan fakultas/prodi, dosen, mitra pengguna lulusan, mahasiswa, dan alumni. Para asesor juga mengunjungi fasilitas-fasilitas laboratorium di Lab IDB, lab terpadu FMIPA, dan Digital Library.  

Penulis
Ratna/Witono
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat
IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional