Penerimaan Kembali Dosen Karyawan Studi Lanjut

1
min read
A- A+
read

Penerimaan kembali

Delapan puluh empat orang dosen dan tenaga kependidikan UNY yang telah menyelesaikan studi lanjut D4, S2 dan S3 dari dalam dan luar negeri, diterima dalam upacara penerimaan kembali dosen dan tenaga kependidikan S2 dan S3 pada Jumat (31/12) di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. Dosen S3 dalam negeri 59 orang, S3 luar negeri 5 orang, tenaga kependidikan D4 2 orang, S1 3 orang dan S2 14 orang.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengatakan bahwa kegiatan hari ini dalam rangka penerimaan kembali dosen dan tenaga kependidikan yang selesai studi lanjut. “Untuk tenaga kependidikan yang menempuh S3 belum ada yang lulus, namun begitu apabila ada yang sudah S3 dapat mengajukan menjadi dosen” kata Rektor. Keberhasilan menyelesaikan studi lanjut S2/S3 tidak hanya menambah kualitas kompetensi atau kualifikasi dosen dan tenaga kependidikan, namun juga akan memperkuat UNY menjadi semakin maju. Sambutan wakil lulusan disampaikan oleh Dr. Agung Nugroho Albertus Maria dari prodi Ilmu Keolahragaan FIK UNY. Menurutnya dinamika yang dialami dosen dan tenaga kependidikan sebagai mahasiswa bervariasi satu dengan lainnya. “Ada yang jalannya berlubang, berkelok-kelok, bergelombang, dan ada yang lurus” katanya. Sehingga dalam menempuh studi ada yang terpeleset, terjatuh, stress, putus asa atau sakit namun itu semua merupakan jalan yang harus dilalui dengan semua rintangan yang ada. Dan dengan kemurahan Tuhan semua dapat menyelesaikan studi. Sekarang tugas dan pekerjaan sudah menanti dengan semangat baru usai menempuh studi lanjut dan peningkatan kualitas kerja.

Hingga Desember 2022, dari 1216 orang dosen di UNY terdapat 508 orang yang bergelar S3, 481 orang sedang menempuh S3 dan yang belum S3 berjumlah 227 orang. Sedangkan dari 954 tenaga kependidikan terdapat 42 orang sedang studi S3, 222 orang sedang studi S2, 161 orang sedang studi S1 dan 138 orang sedang studi D4.

Penulis : Dedy

Editor : Ardi

IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak