PENDIDIKAN INVESTASI PERADABAN

2
min read
A- A+
read

REKTOR UNY

Mengawali kegiatan perkuliahan tahun akademik 2021/2022 bagi mahasiswa baru, Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan upacara penerimaan mahasiswa dan memberikan bekal  atmosfer akademik dengan menyelenggarakan Studium General. Kegiatan yang dilaksanakan Senin (23/8) secara online melalui zoom maupun youtube unyofficial diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2021 baik dari Sarjana Terapan, Sarjana, Magister, dan Doktor sebanyak 10.631 mahasiswa. Di samping itu, peserta terundang mengikuti kegiatan ini seluruh pimpinan UNY, Ketua, Sekretaris, dan anggota Senat;  Majelis Guru Besar, Dewan Pertimbangan, Dewan Pengawas, Ketua Satuan Pengawas Internal,  Panitia penerimaan mahasiswa baru, Ketua BEM, serta DPM.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. menyampaikan bahwa dalam suasana yang masih mengkwatirkan ini, dalam masa Pandemi Covid-19 ini dengan penuh rasa suka cita menyelenggarakan kegiatan yang mulia, Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022.

“Marilah anugerah dari Illahi ini kita syukuri, supaya kita senantiasa mendapatkan karunia, keberkahan, kesuksesan, karena kita  menjadi insan yang ahli syukur. Ucapan terima kasih, disampaikan kepada semua pihak, terutama Bapak Dirjen Dikti yang sekaligus beliau sebagai ketua dewan pengawas yang selalu tiada henti-hentinya mengarahkan, membimbing pada UNY, sehingga Insyaallah kita bisa melaksanakan tugas kelembagaan ini secara optimal,” demikian disampaikan Rektor mengawali sambutannya.

“Alhamdulillah, walaupun dalam masa Pandemi, keinginan untuk melanjutkan studi lanjut secara signifikan bertambah, itu semua karena kerja keras semua pihak keluarga besar UNY untuk memberikan layanan yang terbaik. Di halaman depan Auditorium terdapat tulisan Pendidikan Investasi Peradaban, oleh sebab itu kami mengapresiasi semua pihak yang menfasilitasi mahasiswa, yang tidak henti hentinya menolong, membantu, mendorong sosialisasi yang akhirnya animo ke UNY kita banyak. Itulah bukti bahwa tulisan Pendidikan Investasi Peradaban tidak hanya slogan tetapi harus kita implementasikan,” terang Sumaryanto.

“Saya sangat mengapresiasi terutama bagi dosen dan tendik terutamanya yang saat ini melanjutkan studi ke S2 ataupun S3. Keinginan untuk membangun secara totalitas Pendidikan Investasi Peradaban ada sekitar 140 dosen yang berkenan studi lanjut baik dalam maupun luar negeri, diikuti  sekitar 80 tendik melanjutkan studi. Dengan kita mengapresiasi pendidikan tiada henti tidak terikat dimensi waktu dan ruang, tahun depan juga akan dibuka intek untuk Februari membuka penerimaan mahasiswa baik S2 maupun S3, sehingga mari sosialisasi digiatkan lagi yang pada saatnya nanti animo sesuai yang kita harapkan. Mengakselerasi penciptaan manusia yang unggul, yang salah satu cirinya adalah sekolah dan naik pangkat,”kata Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Margana M. Hum., M.A. dalam laporannya menyampaikan rasa syukur atas tercapainya penerimaan mahasiswa baru tahun akademikk 2021/2022 dengan lancar. “Alhamdulillah, meskipun di tengah pandemi COVID-19 Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 tetap berjalan dengan lancar. Pada Tahun Akademik 2021/2022, UNY menerima mahasiswa baru sejumlah 10.631 orang, yang terdiri atas: jenjang Diploma IV sebanyak 1.616 orang, S1 sebanyak 7.507 orang,  S2 sebanyak 1.221 orang, dan S3 sebanyak 287 orang. Di samping itu, Universitas Negeri Yogyakarta juga mengawal pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (Gel. I, II, III, IV) sejumlah 3.010 dan Program Profesi Guru Pra Jabatan 139 orang, Program Profesi Insinyur, dan Program RPL penugasan dari Kemendikbudristek dengan target mahasiswa diterima sebanyak 1.000 mahasiswa,” demikian dilaporkan Margana tentang Pelaksanaan PMB UNY Tahun 2021.

Margana juga menyampaikan bahwa keketatan Sarjana Terapan (D-IV) yaitu 1 : 5 mahasiswa, Sarjana (S1) 1 : 17 mahasiswa, Magister (S2) 1 : 2 mahasiswa, Doktor (S3) 1 : 2 mahasiswa. Sementara bila ditinjau dari asal provinsi, Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 berasal dari 34 Provinsi dengan peringkat 5 tertinggi DI Yogyakarta (3.881 mahasiswa), Jawa Tengah (3.081), Jawa Barat (802), Jawa Timur (746), dan DKI Jakarta (271). Di samping itu, terdapat 31 orang yang Hafidz 30 Juz yang tersebar di 21 program studi.

“Pada tahun 2021 ini UNY mendapatkan kuota mahasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebanyak 1.514 orang. Ditambah juga menerima sebanyak 13 orang dari luar negeri, yaitu Kazakhstan (1 orang), Thailand (2), Philipina (2), Chile (1), Colombia (1), Rusia (1), Tanzania (2), Mesir (3)., dan masih akan bertambah sebanyak 62 mahasiswa baru program sarjana, magister, dan doktor jalur portofolio internasional yang sedang dalam proses registrasi,” kata Margana.

Studium General kali ini menghadirkan narasumber Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DICI, Ph.D., IPU, Asean Eng. dan Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Dr. Beny Bandanadjaya, S.T., M.T. berkenan menyampaikan materi dengan tema Membangun Generasi Tangguh melalui Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. (Sud).