Pencanangan Dies Natalis Ke-59 UNY

1
min read
A- A+
read

Senam bersama

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai perguruan tinggi yang mempersiapkan lulusannya menjadi pribadi yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan selalu melakukan inovasi dan strategi sehingga menjadi world class university. Lima puluh sembilan tahun UNY telah banyak berperan membangun dan membersamai dalam mendidik putra putri terbaik bangsa. Seiring perubahan UNY menjadi perguruan tinggi berbadan hukum, banyak prestasi, kreativitas dan inovasi telah diciptakan. Hal ini disampaikan Ketua Pelaksana Dies Natalis UNY Dr. Pujianto dalam pencanangan Dies Natalis UNY di Stadion Atletik, Jumat (3/3). Menurutnya Dies Natalis yang ke-59 ini merupakan wujud rasa syukur atas segala semangat dan kesempatan dan kepercayaan yang diterima serta semakin memantapkan jalan UNY menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. “Semoga tema ini menjadi energi dan penyemangat dalam menjalankan fungsi Tri Dharma pendidikan dalam melayani masyarakat” harap Pujianto.

Rangkaian kegiatan dies natalis ini secara resmi dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Sumaryanto. Dalam sambutannya Rektor mengatakan bahwa tahun ini Dies Natalis UNY ke-59 mengambil tema ‘Bersinergi Mewujudkan UNY PTN-BH yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan’ yang diambil karena telah diterbitkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Yogyakarta pada 20 Oktober 2022. Dies Natalis UNY ke- 59 Tahun 2023 juga merupakan dies pertama kali UNY sebagai PTN-BH. “Perubahan status ini telah memperteguh komitmen UNY sebagai salah satu universitas kependidikan di Indonesia yang mempunyai peran strategis dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan nasional dengan menciptakan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang semakin berkualitas” kata Rektor. UNY sebagai PTN-BH memerlukan sinergitas seluruh komponen di dalamnya untuk terus melakukan peningkatan dalam memberikan peran dan layanan kepada masyarakat dalam berbagai bidang.

Menurut Dekan Fakultas MIPA Prof. Ariswan penetapan tema dies dilatarbelakangi oleh misi UNY dalam menyelenggarakan pendidikan jalur akademik, vokasi, dan profesi yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan; menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang ilmu sains dan teknologi, sosial humaniora, olahraga-kesehatan, dan senibudaya; menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan bagi pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat; menyelenggarakan dan membangun jejaring yang berkelanjutan di tingkat nasional dan internasional; dan menyelenggarakan tata kelola kelembagaan, layanan, dan penjaminan mutu yang transparan dan akuntabel. “Oleh karena itu kami berharap semangat bergotong royong seluruh warga UNY terus berkembang untuk menjamin keberhasilan UNY sebagai PTN-BH yang kokoh dalam merealisasikan semangat ‘Tenar Lembagaku, Sejahtera Wargaku’ yang digaungkan Rektor” papar Ariswan.

Pada peringatan Dies Natalis UNY ke-59 ini akan diselenggarakan lebih dari 60 macam kegiatan yang terdiri dari kegiatan akademik/workshop/seminar, kegiatan seni/hiburan, kegiatan olahraga, bakti sosial, Dharma Wanita, temu Alumni dan kegiatan lain diantaranya festival dalang cilik, visiting professor serta pagelaran wayang guru besar. Dalam pencanangan dies natalis hari ini juga dilaksanakan senam massal dilanjutkan dengan pembagian door prize yang diikuti seluruh civitas akademika UNY.

Penulis : Dedy

Editor : Sudaryono