Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Jalin Kerjasama Dengan UNY dan UNS

1
min read
A- A+
read

Penandatanganan nota kesepahaman

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menggandeng Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di Hotel UNY, Rabu (21/9) oleh Gubernur Kalimantan Utara H. Zainal Arifin Paliwang, M.Hum dengan Rektor UNY Prof. Sumaryanto dan Rektor UNS yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi Prof. Sajidan.

Rektor UNY menyambut baik kerjasama dengan Kalimantan Utara ini, dan dengan skema peningkatan kualitas sumber daya manusia agar bisa meraih unggul kreatif dan inovatif berkelanjutan. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS berkeinginan agar kerjasama yang terjalin ini dapat meningkatkan kinerja ketiga institusi. Setelah penandatanganan nota kesepahaman ini diharapkan tidak menjadi kesepakatan yang ‘tertidur’ namun dapat segera diimplementasikan, seperti perekrutan mahasiswa jalur RPL, pelatihan e-learning bagi guru, dan pendampingan kelas olahraga di Kalimantan Utara.

Zainal Arifin Paliwang dalam sambutannya mengatakan untuk membangun Provinsi Kalimantan Utara dibutuhkan sumber daya manusia yang hebat, untuk itu pembenahan sumber daya manusia dilakukan baik dari pemerintahan, kesehatan maupun pendidikan. “Guru disana sangat bersemangat untuk meningkatkan ilmu yang dimiliki” kata Gubernur Kalimantan Utara. Yang sarjana melanjutkan ke magister dan yang sudah S2 studi lanjut ke S3. Pria kelahiran Makassar, 06 Desember 1962 tersebut berkeyakinan bahwa bila gurunya studi lanjut maka kualitas murid yang dihasilkan akan lebih baik. Menurutnya proses pembelajaran memang tidak ada hentinya karena peningkatan kompetensi sangat diperlukan. Oleh karenanya dijalin kerjasama dengan beberapa universitas. Gubernur juga menginformasikan bahwa tahun depan Universitas Borneo direncanakan membuka fakultas kedokteran dimana selama ini siswa SMA di Kalimantan Utara harus berkuliah di Surabaya, Makassar atau Bandung untuk mengambil program studi kedokteran. Gubernur mengapresiasi terjalinnya kerjasama dengan UNY dan UNS dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Utara, karena penyiapan sumber daya manusia siap pakai sangat penting bagi kelanjutan program pembangunan. Kalimantan Utara punya potensi dalam bidang green energy, pertanian, peternakan, pariwisata dan budaya sehingga membutuhkan generasi muda yang berpotensi dan berkualitas sesuai kebutuhan industri tersebut. Harapannya dengan kerjasama ini maka para guru di Kalimantan Utara dapat kuliah di UNY atau UNS.

Penulis : Dedy

Editor : Ardi