Pelepasan Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka UNY

1
min read
A- A+
read

Pelepasan mahasiswa PMM

Universitas Negeri Yogyakarta melepas peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 3 di Ruang Sidang Utama Rektorat, Jumat (22/12). Menurut Ketua Tim Pengelola MBKM UNY Prof. Cerika Rismayanthi program pertukaran universitas ini dilakukan oleh perwakilan seluruh perguruan tinggi se-Indonesia yang bertujuan untuk memperkaya khasanah budaya. “Program PMM berbeda dengan pertukaran pelajar konvensional karena mahasiswa terpilih dapat memilih universitas dan program studi yang mereka inginkan” papar Cerika. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan pengalaman berharga dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Mewakili Rektor, Sekretaris Direktur Direktorat Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNY Prof. Guntur menyampaikan point penting dari PMM adalah bahwa perbedaan adat, budaya dan sebagainya masih bisa padu dalam kebhinekaan. Harapan kedepan UNY masih dijadikan pilihan utama untuk pertukaran mahasiswa PMM.

Kegiatan pertukaran mahasiswa ini dilakukan pada semester gasal sejak Agustus – Desember 2023 yang diikuti 96 mahasiswa dari 35 universitas se-Indonesia. Para mahasiswa tersebut melakukan perkuliahan pada 23 program studi yang ada di UNY. PMM Inbound UNY menempati asrama Wedomartani dengn fasilitas pengantaran dan penjemputan setiap hari menggunakan bis UNY. Selain berkuliah mahasiswa PMM juga ada program Modul Nusantara dimana merupakan mata kuliah wajib mahasiswa PMM yang berisi berbagai kegiatan seperti eksplorasi keragaman yang diadakan perguruan tinggi penerima dan kontribusi sosial dimana mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Pelepasan mahasiswa PMM ditandai dengan penyematan jas almamater dari perguruan tinggi asal serta penyerahan sertifikat pada perwakilan mahasiswa.

Della Mamonto dari Universitas Sam Ratulangi merasa senang menjadi salah satu peserta pertukaran mahasiswa di UNY karena lingkungan kampusnya yang bagus, estetik dan fasilitasnya mendukung proses pembelajaran selama disini. “UNY punya digital library, perpustakaan dan museum pendidikan” kata Della. Winia Meysahrani dari Universitas Mataram Lombok merasa suka tinggal di asrama UNY Wedomartani dan merupakan hal yang berkesan karena asrama ini memberikan fasilitas yang lengkap dan nyaman bagi mahasiswa PMM.

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus