Pelepasan KKN Dan Praktik Kependidikan

1
min read
A- A+
read

Peserta KKN PK dilepas dengan pengibaran bendera

Rektor UNY Prof. Sumaryanto melepas mahasiswa yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Kependidikan (PK) tahun 2022. Pelepasan ditandai secara simbolis dengan pengalungan tanda peserta KKN dan PK pada 2 orang wakil mahasiswa yaitu Adisya Adriana perwakilan mahasiswa KKN lokasi Kabupaten Blora dan M. Ridzky Hikam Addali perwakilan mahasiswa PK lokasi Kabupaten Karanganyar. Pelepasan dilaksanakan di Rektorat pada Rabu (13/7).

Kepala Unit Layanan KKN-PK UNY Dr. Ngatman mengatakan kegiatan ini merupakan penerjuan secara simbolis kegiatan KKN PK di sekolah, lembaga dan desa dan kelurahan yang tersebar di 13 kabupaten dan kota di DIY dan Jawa Tengah. “Ada 5 kabupaten dan kota di DIY dan 8 kabupaten di Jawa Tengah, 4 lokasi KKN berbasis domisili di DKI Jakarta, KKN Kebangsaan di Palangkaraya Kalimantan Tengah, Kutai Barat, Bangka Belitung dan 1 KKN Internasional di Jeddah Arab Saudi” papar Ngatman. Kegiatan KKN dan PK diikuti oleh 278 mahasiswa di Kabupaten Blora, 230 mahasiswa di Kabupaten Karanganyar dan perwakilan mahasiswa dari setiap lokasi.

Menurut Rektor UNY Prof. Sumaryanto kegiatan pelepasan KKN PK ini adalah yang pertama kali diadakan setelah 2 tahun pandemi Covid melanda. “Mohon kemuliaan almamater selalu dijaga dan dibawa” kata Rektor. Sumaryanto juga meminta agar para dosen pembimbing lapangan juga sudi terjun langsung ke lokasi untuk mendampingi kegiatan di lapangan. Kegiatan KKN PK ini juga bersinergi dengan BPJS untuk memberi dukungan kesehatan dan keselamatan mahasiswa selama menjalani kegiatan, sehingga mahasiswa tetap survive, save dan berhati-hati. Mahasiswa tidak diperkenankan untuk menciptakan peluang tindak pidana atau perdata walau kesempatannya kecil. Rektor menitipkan pesan bagi para mahasiswa KKN dan PK untuk menyampaikan beberapa hal tentang UNY baik tentang kegiatannya atau peluang studi lanjut bagi masyarakat setempat. Harapannya mahasiswa didesain tepat waktu baik kegiatan, kuliahnya ataupun nilainya karena mengantisipasi kemungkinan peserta KKN PK sekarang ada yang berkeinginan studi lanjut S2. Oleh karena itu UNY menyelenggarakan kuliah S2 dan S3 dua kali setahun yaitu bulan September dan Februari agar masa tunggu kuliah tidak terlalu lama.

Peserta KKN PK UNY dilepas dengan pengibaran bendera oleh Rektor didampingi para Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Ketua Unit Layanan KKN PK UNY dan pejabat terkait. (Dedy)