PELATIHAN DASAR MAHASISWA BAGI MAHASISWA BARU PRODI PLS

1
min read
A- A+
read

PELATIHAN DASAR MAHASISWA BAGI MAHASISWA BARU PRODI PLS

Pelatihan Dasar Mahasiswa dan Pelatihan Leadership Mahasiswa atau biasa disingkat PDM/ PLM merupakan kegiatan tahunan yang ditujukan bagi mahasiswa baru Pendidikan Luar Sekolah UNY. Menurut ketua PDM / PLM Pendidikan Luar Sekolah 2019, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan dunia Pendidikan Luar Sekolah. “Kegiatan ini dilakukan supaya mahasiswa baru lebih mengenal dunia Pendidikan Luar Sekolah secara nyata, dapat mengetahui potensi dan kebutuhan masyarakat serta dapat memberdayakan masyarakat dimulai dari hal yang sederhana”. Ungkap Rani, ketua pelaksana kegiatan PDM / PLM. “Untuk mewujudkan hal tersebut pada kegiatan PDM/PLM kali ini mahasiswa baru di bekali dengan ilmu mendongeng, kemudian belajar membuat kripik bonggol pisang, serta bakti sosial supaya mahasiswa baru lebih paham dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat secara nyata”. Imbuhnya.

Kegiatan ini dilaksanakan baru-baru ini di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dan Sokoliman, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Disini mahasiswa baru melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Mahasiswa baru dibagi kelompok untuk melakukan kegiatan mengajar, praktik membuat kripik dari bonggol pisang dan melakukan bakti sosial kepada masyarakat desa Sokoliman.

Tidak hanya mengajar, pada kegiatan ini sebagian kelompok mahasiswa baru juga diajarkan untuk membuat kripik dari bonggol pisang. Dimana pembuatan kripik bonggol pisang ini dilakukan karena perhatian masyarakat terhadap pohon pisang yang sudah dipanen dibiarkan begitu saja sehingga jarang dimanfaatkan. Oleh karena itu sebagian kelompok ibu-ibu desa Sokoliman memanfaatkan pohon pisang tersebut untuk diambil bonggolnya kemudian di buat keripik. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat menarik bagi mahasiwa baru, karena mendapatkan pengalaman yang belum pernah mereka dapatkan. “Kegiatan ini sangat menarik dan dapat menambah wawasan mengenai pembuatan kripik bonggol, dan mungkin akan lebih baik jika dikembangkan lagi dalam segi pemasarannya agar lebih menarik dan dapat bersaing dengan produk umkm lainya.” Ujar Ananda Sadewa mahasiwa baru PLS UNY 2019. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa baru diharapkan dapat mengenali dan mengembangkan potensi yang ada di masyarakat.

“Saya merasa senang mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang tidak terlupakan dari kegiatan PDM / PLM ini, selain mengetahui cara membuat keripik dari bonggol pisang saya juga sangat senang bisa berinteraksi dengan warga di Sokoliman, bisa bermain dengan anak-anak serta mendapat pengalaman baru dari cerita ibu-ibu di desa Sokoliman.” Ujar Titis, mahasiswa baru PLS UNY 2019.

Setelah dua hari kegiatan di isi dengan materi dan kegiatan ke-PLSan, di hari terakhir PDM/ PLM kegiatan diisi dengan outbond dan selanjutnnya rafting di Wirawisata Goa Pindul. (Nina Nur)