Pelatihan dan Pembinaan Kesenian Musik Modern di SDN Margoagung Seyegan Sleman

1
min read
A- A+
read

Pelatihan

Desa Margoagung memiliki potensi utama pada bidang pariwisata. Selain dijuluki sebagai desa wisata, juga dijuluki sebagai Desa Budaya. Sebagai Desa Emas, Margoagung perlu mengembangkan kesenian terutama kesenian tradisional. Kesenian tradisional selama ini telah di kembangkan menjadi kesenian budaya yang sangat baik. Kesenian budaya yang telah dikembangkan diantaranya adalah kesenian Kesenian musik selama ini yang dikembangkan di Desa Margoagung Hanya dipusatkan pada kesenian musik tradisional. Kesenian musik tradisional sangat kental dalam pengembangannya. Pembinaan kesenian tradisional telah dijalankan selama ini berupa kesenian music gamelan dan kesenian karawitan.

Sementara itu, belum pernah dilakukan pembinaan dan pengembangan terhadap kesenian modern.  Karena kurangnya fasilitas peralatan musik modern membuat kreativitas para pemuda tidak bisa berkembang dengan optimal. Program Kemitraan Masyarakat yang diselenggarakan oleh Prodi S3 IP dan PEP ini dilaksanakan untuk memberikan modal kepada Karang Taruna untuk mengembangkan potensi pada bidang kesenian modern. Selain itu, di kegiatan yang dilaksanakan di SD N Margoagung ini,  para Instruktur memberikan pelatihan tentang penataan studio musik yang baik dan memenuhi K3 (Keamanan dan Keselamatan Kerja). Serta memberikan pelatihan manajemen pelatihan musik agar pelatihan dapat optimal dilakukan.

Musik modern adalah salah satu jenis musik yang memiliki banyak kelebihan dan kemanfaatan. Salah satu kelebihannya adalah dapat dengan mudah dielaborasikan dengan jenis musik lainnya, misalnya musik tradisional, musik dangdut, musik pop serta musik rock. Terdapat beberapa jenis musik yang termasuk musik modern, di antaranya: musik alternatif, musik blues, musik slow rock dan musik hits pop.  

Penulis: edi/risk/ant

Editor: Dedy

IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus