Pasar Kangen UNY Hadirkan 200 Tenant Jajanan Nostalgia

1
min read
A- A+
read

Pasar Kangen UNY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar Pasar Kangen sebagai bagian dari perayaan Dies Natalis ke-60 UNY. Acara yang berlangsung dari Jumat-Minggu, 17-19 Mei 2024 ini mencerminkan komitmen UNY dalam menyatu dengan masyarakat untuk mendekatkan dunia pendidikan tinggi dengan masyarakat umum.

Pasar Kangen UNY mengambil tema ‘Transformasi Budaya Kerja, Menguatkan UNY PTN-BH’. Kegiatan ini akan diadakan di area Taman Pancasila Kampus UNY, Jl. Colombo No. 1 Karangmalang, Yogyakarta. Pasar Kangen UNY berlangsung pada hari Jumat mulai pukul 15.00 hingga 22.00, dan pada hari Sabtu dan Minggu dari pukul 07.00 hingga 22.00. Acara ini diikuti oleh ratusan pedagang dan diperkirakan akan menarik sekitar 10.000 pengunjung setiap harinya.

Ketua Panitia Pasar Kangen UNY Dr. Dra. Pratiwi Wahyu Widiarti, M.Si. menuturkan kegiatan ini adalah agenda baru yang diadakan untuk memeriahkan Dies Natalis UNY ke-60 bekerja sama dengan EO Pasar Kangen DIY. “Kegiatan ini diharapkan menjadi media promosi yang efektif karena terbuka untuk masyarakat umum dan semua orang boleh hadir berpartisipasi,” katanya.

Ketua Dies Natalis ke-60 UNY Prof. Dr. Mukhamad Murdiono, S.Pd., M.Pd. menuturkan pasar Kangen UNY mewadahi kebudayaan masyarakat, terutama masyarakat Yogyakarta yang sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal. Kebudayaan itu harus terus dikembangkan seiring kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kegiatan ini juga menjadi simbol menyatunya kehidupan yang bersumber dari nilai-nilai kampus, keraton, dan kampung, yang mencirikan keistimewaan Yogyakarta. “Pasar Kangen UNY adalah replika dari pasar tradisonal yang di dalamnya melibatkan berbagai elemen masyarakat secara luas. Secara khusus Pasar Kangen UNY sebagai bentuk komitmen UNY yang nyawiji  dengan masyarakat  menuju harmoni kehidupan berkelanjutan,” papar Prof Murdiono.

Pasar Kangen Dies Natalis UNY ke-60 dibuka oleh Rektor UNY Prof. Sumaryanto dan melibatkan lebih dari 200 tenant. Mereka akan menawarkan berbagai produk unik yang mulai langka dan sulit ditemukan di tempat umum. Produk yang ditawarkan mulai dari jajanan lokal tradisional hingga aneka permainan tradisional. Semua produk yang dijual dipasarkan dengan harga maksimal Rp. 20.000,-. Untuk memeriahkan acara, beragam hiburan juga akan dihadirkan. Beberapa penampil seperti Yuliono Singsot, Damar Patung Pantomim, serta hiburan kesenian dari mahasiswa UNY seperti penampilan dari mahasiswa Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB), penampilan dari beragam unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan dari himpunan mahasiswa yang ada di lingkungan UNY.

Selain hiburan, Pasar Kangen UNY juga menyelenggarakan berbagai lomba, antara lain lomba mewarnai untuk anak usia 5-7 tahun, lomba makan nasi kucing untuk umum, lomba lempar seng, lomba menyanyi untuk mahasiswa UNY, dan lomba nasi goreng untuk civitas akademika UNY.

Pasar Kangen UNY terbuka untuk umum, memungkinkan masyarakat luas untuk mengunjungi kawasan UNY dan mengenal lebih dekat universitas ini. Dengan acara yang meriah dan beragam, Pasar Kangen UNY diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk merasakan dan menghargai kearifan lokal serta memperkuat hubungan antara universitas dan masyarakat sekitar.

Penulis
Gilang Adikara
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat