ORIENTASI AKADEMIK PROGRAM PPG DALAM JABATAN TAHAP II TAHUN 2020

1
min read
A- A+
read

ORIENTASI AKADEMIK PROGRAM PPG DALAM JABATAN TAHAP II TAHUN 2020

Masih dalam rangkaian kegiatan PPG dalam Jabatan, hari ini merupakan kegiatan kedua, Kamis, 13 Agustus 2020 diadakan “Orientasi Akademik Program PPG Dalam Jabatan Tahap II Tahun 2020. Kegiatan ini masih dipusatkan di studio LPMPP UNY sebagai tempat untuk memandu forum virtual orientasi akademik.

Drs. Suyud, M.Pd. selaku Koordinator Program PPG tdi UNY,  menyampaikan dalam forum virtual ini,  perkuliahan PPG Dalam Jabatan Tahab II Tahaun 2020 ini dimulai 14 Agustus 2020 sampai dengan 20 November 2020. Akan dilakukan Uji Kompetensi  pada tanggal 23 s.d  29 November 2020 yang semuanya dilaksanakan secara full online. Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali dan memberikan wawasan kepada para mahasiswa tentang pengembangan profesioalisme guru, tantangan menjadi guru profesional ke depan, mengenalkan kurikulum dan sistem pembelajaran serta learning management system dalam pembelajaran PPG dalam Jabatan Tahun 2020.

Suyud melanjutkan rincian peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 699 orang mahasiswa, dengan rincian dibiayai APBN sebanyak 497 mahasiswa sedangkan yang dibiayai dengan anggaran APBD sebanyak 202 mahasiswa. Sedangkan prodi yang diikuti sebanyak 16 prodi, yaitu prodi guru kelas SD, guru kelas TK, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Bahasa Jerman, Seni Tari, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Geografi, Sejarah Indonesia, Teknik Elektronika, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Otomotif, Teknologi Konstruksi dan Properti, dan terakhir Manajemen Perkantoran. 

Terakhir, Suyud mengharapkan, “Semoga peserta orientasi ini dapat mengikuti pembelajaran secara serius dan sungguh-sungguh.”.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. dalam sambutan sekaligus membuka acara ini menyampaikan, “Guru profesional adalah guru yang diidam-idamkan oleh bangsa dan negara untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Profesional setidaknya mengandung tiga cakupan materi, yang pertama keahlian, kedua mengandung pertanggungjawaban, dan yang ketiga kesejawatan.”

Lebih lanjut Sutrisna mengungkap tentang karakter guru dan keunggulan siswa, bahwa,”Lulusan yang unggul itu jika kreatifitas dan inovasi bisa dikembangkan oleh para guru, sehingga cara mengajar ini harus kita ubah untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi anak didik kita.”

Peserta yang terlambat mengikuti  orientasi ini dapat mengikuti via YouTube

(Sud).