METODE GROUP INVESTIGATION DIKEMAS DALAM VIDEO

1
min read
A- A+
read

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penggunaan media pembelajaran memegang peranan penting. Hal ini disebabkan sifat pembelajaran yang kompleks sehingga dibutuhkan media untuk mempermudah pemahaman dengan memanfaatkan kemajuan teknologi salah satunya melalui video. Melalui kreativitasnya, sekelompok mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY yang terdiri dari Riskiyanto Bahrul Ulum, Naufal Reyhan Fahreza, Azka Anjani, Fachriza Nur Ichsani, dan Meyra Kumalawati membuat video pembelajaran yang mengilustrasikan penerapan metode group investigation.

“Video ini menggambarkan suasana pembelajaran dengan metode Group Investigation. Metode ini merupakan salah satu bentuk tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia” jelas Riskiyanto Bahrul Ulum

Tujuan pembuatan video ini, lanjut Riskiyanto Bahrul Ulum, adalah untuk mempermudah pemahaman terhadap metode pembelajaran Group Investigation (GI), kelebihannya, dan langkah-langkah pembelajarannya sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pengajar, calon pengajar, maupun stakeholder pendidikan yang lain dalam pengembangan dan kemajuan dunia pendidikan. Video pembelajaran ini dapat diakses di kanal youtube Laboratorium Pendidikan IPS UNY”

Mahasiswa Pendidikan IPS tersebut menambahkan, langkah penerapan metode GI antara yatitu guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang heterogen. Selanjutnya, guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan tugas kelompok. Langkah berikutnya, guru memanggil ketua masing-masing kelompok untuk satu materi tugas, sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi yang berbeda dengan kelompok lain. Masing-masing kelompok kemudian membahas materi yang sudah ada secara kooperatif. Setelah diskusi berakhir, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi.Langkah terakhir, guru memberikan penjelasan singkat dan menarik kesimpulan. (Eko)