Meningkatkan Kecerdasan Finansial, GCK Lakukan Pameran Media Edukasi Literasi Keuangan

1
min read
A- A+
read

Pameran media edukasi

Dalam lingkup keuangan yang kompleks dan terus berubah saat ini, pentingnya literasi keuangan tidak bisa dipungkiri lagi. Memahami cara kerja uang, mengelola keuangan pribadi, dan membuat keputusan investasi yang tepat merupakan keterampilan hidup yang penting. Dalam rangka mensosialisasikan pendidikan keuangan dan memberdayakan individu untuk mengendalikan masa depan keuangan mereka, Generasi Cerdas Keuangan (GCK) bersama dengan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan Diajeng Kota Yogyakarta baru-baru ini menyelenggarakan pameran produk literasi keuangan yang inovatif di Galeria Mall, Yogyakarta. Pameran yang berlangsung belum lama ini memamerkan serangkaian produk edukasi berbasis Augmented Reality dan Virtual Reality yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia khususnya pengunjung Galeria Mall.

Generasi Cerdas Keuangan adalah komunitas dinamis yang terdiri dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dan berbagai wilayah di Indonesia yang berkomitmen untuk mensosialisasikann literasi keuangan di kalangan individu dari segala usia. Komunitas yang didirikan oleh dosen FEB UNY, Dr. Ratna Candra Sari, S.E., M.Si., CA, CFP.  dan didukung oleh OJK ini memahami bahwa kurangnya pendidikan keuangan dapat menyebabkan berbagai kesulitan keuangan, termasuk utang, keputusan keuangan yang buruk, dan terbatasnya peluang untuk mengumpulkan kekayaan.

GCK juga menyadari bahwa literasi keuangan bukanlah konsep yang bisa diterapkan untuk semua orang. Orang-orang memiliki tujuan keuangan, kebutuhan, dan tingkat keahlian yang beragam. “Untuk memenuhi keberagaman ini, GCK menampilkan berbagai media edukasi untuk membantu individu di setiap tahap perkembangan finansial mereka” kata Ratna Candra Sari. Hal ini didukung dengan perancangan media edukasi yang berupa buku berbasis augmented reality, aplikasi virtual reality dan aplikasi mobile berbasis AR dan VR disesuaikan dengan kelompok umur dan tingkat keterampilan yang berbeda. Adapun media edukasi yang dipamerkan merupakan produk riset yang dilakukan oleh Ratna Candra Sari bersama tim dosen UNY lainnya.

Literasi keuangan bukan hanya tentang angka dan persamaan, ini tentang membangun kepercayaan dan keamanan. Generasi Cerdas Keuangan memahami bahwa ketika individu melek finansial, mereka akan lebih mampu membuat keputusan yang tepat, menabung untuk masa depan, dan menghindari kesalahan finansial yang umum terjadi. Pada akhirnya, literasi keuangan berkontribusi terhadap kesejahteraan finansial, stabilitas ekonomi, dan peningkatan kualitas hidup.

Pameran Produk Literasi Keuangan yang diselenggarakan oleh GCK bersama dengan ICMI dan Diajeng Kota Yogyakarta ini berhasil dalam mendorong edukasi dan pemberdayaan keuangan. Di dunia keuangan yang semakin kompleks, inisiatif seperti ini memainkan peran penting dalam membekali individu dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan agar perjalanan keuangan mereka berhasil. Ketika Generasi Cerdas Keuangan terus memperjuangkan literasi keuangan, diharapkan akan lebih banyak orang yang mulai bergerak menuju kesejahteraan dan kesejahteraan finansial.

Penulis: Astri Mardanik

Editor: Dedy

IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus