Maestro-Evo UNY Raih Juara 1 Kontes Robot Abu Indonesia Wilayah 1 Tahun 2024

2
min read
A- A+
read

Tim Maestro-Evo

Robot Maestro-Evo Uny Raih Juara 1 Kontes Robot Abu Indonesia Wilayah 1 Tahun 2024 dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Regional tahun 2024 di Universitas Muhammadiyah Solo secara online melalui media Zoom Meeting.

Pada Abu Robocon 2024 Quảng Ninh Vietnam, yang mengangkat tema “Harvest Day” dibutuhkan 2 jenis robot yaitu Robot 1 (R1) dan Robot 2 (R2) yang akan bekerja sesuai dengan tugasnya karena adanya batasan ruang gerak robot yang ditentukan oleh peraturan. Kedua robot akan bekerja secara full otomatis dan semi otomatis untuk mengambil, meletakkan Seedling, melemparkan Paddy Rice atau Empty Grain, serta mengambil dan memasukkannya ke dalam keranjang Silo. Robot Maestro-Evo terdiri dari R1 dan R2 yang bekerja sama menyelesaikan game rules ABU Robocon 2024 bertema kan “Harvest Day” tersebut. R1 secara semi otomatis bertugas mengambil padi dan meletakkannya pada tempat yang sudah disediakan (Area 1), selain itu R1 juga bertugas melempar bola dari Area 2 ke Area 3. Kemudian, R2 secara otomatis dapat bergerak bebas di area 1, area 2, dan area 3. R2 bertugas untuk mengambil dan meletakkan Seedling, lalu R2 akan langsung bergerak ke area 3 atau Storage Zone untuk mengambil Paddy Rice dan dimasukkan ke Silo hingga mendapatkan full point (Mua Vhang).

Ketua Tim Maestro Evo Rasyid Ammary Yahya mengatakan bahwa persiapan tidak hanya dilakukan pada kedua robot, tetapi juga kerja sama tim yang baik. Robot Abu Universitas Negeri Yogyakarta yang lebih dikenal dengan MAESTRO-EVO kembali raih kejuaraan pada Kontes Robot Indonesia yang diadakan oleh Puspresnas. Pada kontes ini. Perjuangan Tim Maestro-Evo terbayar dengan berhasil meraih juara 1 Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) Wilayah I. Hasil kejuaraan tersebut dibacakan oleh Dewan Juri Prof. Dr. Benyamin Kusumoputro Guru Besar Universitas Indonesia, Tim Maestro-Evo mendapatkan nilai tertinggi dari total 21 tim yang berasal dari 21 universitas berbeda yang ada di wilayah 1.

Tim Maestro-Evo terdiri dari 20 mahasiswa aktif dari berbagai jurusan dan seorang dosen pembina bernama Dr. Ilmawan Mustaqim, S.Pd.T., M.T. selaku dosen Pembimbing dan anggota tim yakni,

Ketua : Rasyid Ammary Yahya (D4 - Teknik Elektronika)

Manager : Rosalina Eka Ramanda (D4 - Teknik Elektronika), Nina (S1 Pend.

Teknik Informatika)

Mekanik : Sheva Novia Darmawan Sutopo (S1 - Pendidikan Teknik Mekatronika), Danu Kartiko Kusumo (D4 - Teknik Elektronika), Muhammad Ryan Purnama (D4 - Teknik Mesin), Razaan Nibras Majid (S1 - Pendidikan Teknik Mekatronika), Hibatullah Faiq Hasim (D4 - Teknik Mesin), Syafrizal Ghifari (S1 - Pendidikan Teknik Mekatronika), Muhammad Wahid Akmal Lathif Shobir (S1 - Teknik Industri), Dega Rissang Abimanyu (S1 - Teknik Manufaktur).

Elektronik : Mowi Rilana (S1 - Pendidikan Teknik Elektronika), Mohammad Akhdan Maulana (S1 - Pendidikan Teknik Elektronika), Aulia Shabrina Yuliani (S1 - Pendidikan Teknik Mekatronika), Isna Bagus Purnawan (D4 Teknik Elektronika).

Programmer : Raiya Yusuf Priatmojo (S1 - Pendidikan Teknik Mekatronika), Vincent Kenutama Prasetyo (S1 - Pendidikan Teknik Mekatronika), Erlangga Satrya As Syahrastani (S1 - Fisika), Dhani Ardian Pratama (D4 Teknik Elektronika), Angga Satriawan Aldi (S1 - Teknik Elektro)

Untuk persiapan lomba tingkat Wilayah l, Tim Maestro-Evo memulainya dari pengecekan kesiapan robot, seperti baterai, tekanan udara pada botol pneumatic, dan lainnya hingga sesuai dengan SOP yang kami susun. Rasyid Ammary Yahya selaku ketua Tim Maestro-Evo mengaku dalam menyiapkan lomba ini seluruh tim turut berperan aktif dalam menjalankan setiap prosesnya. Kendala-kendala kita lewati bersama-sama, sampai ke titik terakhir perlombaan Regional ini.

“Banyak tantangan yang telah kami hadapi sebagai tim dari setiap tahunnya, dan tantangan pada tahun ini semakin bertambah, mulai dari persiapan lomba hingga memahami aturan yang cukup rumit yang mewajibkan peningkatan spesifikasi robot melebihi perkiraan kami. Namun, terlepas dari semua itu, saya bangga dengan kemampuan dan kerjasama tim kami dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, hingga menghasilkan hasil yang lebih baik. Kami sangat mengharapkan doa dan dukungan agar segala persiapan kami dapat berjalan lancar saat menghadapi kompetisi nasional nanti” ujar Rasyid.

Penulis
Nina
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus