Mahasiswa UNY Raih Juara 1 Dan Gold Medal Pada Pekan Ilmuan Muda Nasional 2

Para juara Pekan Ilmuan Muda Nasional 2

Perhelatan PIMNAS 2 (Pekan Ilmuan Muda Nasional) adalah sebuah ajang lomba esai tingkat nasional yang diperuntukkan bagi mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta yang bekerjasama dengan Capai Cita, Entrepreneurship Factory for Youth Community, Nusantara Muda, dan Sentosa Foundation di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Perlombaan ini diselenggarakan pada tanggal 27-28 Juli 2024 dan diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia. Tema perlombaan PIMNAS 2 adalah “Optimalisasi Generasi Milenial untuk Indonesia Emas 2045”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah pola pikir dan kreativitas mahasiswa untuk menuangkan ide-ide atau gagasan futuristik yang dihasilkan ke dalam sebuah karya tulis ilmiah.

Pada perlombaan ini, tim dari UNY beranggotakan lintas departemen dan sekaligus lintas fakultas. Tim ini beranggotakan tiga mahasiswa yang terdiri dari Anisa Nur Fatimah dari Departemen Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Rafi Faiz Firmansyah dari Departemen Pendidikan Sejarah, (keduanya dari Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik), serta Muhammad Haziq Tsabat Pradana Putra dari Departemen Manajemen Pendidikan (Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi). Tim ini berhasil maju sebagai finalis dan satu-satunya tim perwakilan dari UNY. Pada perlombaan ini, Tim UNY dibimbing oleh Dheny Wiratmoko, M.Pd. selaku Dosen Departemen Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik UNY.

Ide dan gagasan yang diusung oleh tim dari UNY ini mengangkat tema di bidang inovasi pendidikan. Karya yang dihasilkan mengambil judul "E-Crentif Sebagai Alternatif Pendamping Modul Pembelajaran Bagi Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Tempel Sleman". Inovasi pendidikan yang dihasilkan yaitu berupa komik berbasis digital yang dikemas dengan menarik. Inovasi ini diharapkan dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi pada proses pembelajaran. E-Crentif dinilai efektif oleh ahli materi dan media dalam even tersebut, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif media pendamping modul pembelajaran di sekolah.

Keberhasilan dalam mendapatkan predikat Juara 1 dan Gold Medal ini adalah bagian dari proses pembelajaran yang dilalui dengan penuh perjuangan. Predikat tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi dan sekaligus motivasi bagi para mahasiswa lainnya untuk ikut berkontribusi dalam menghasilkan gagasan dan inovasi di bidang pendidikan yang lain. Dengan inovasi pendidikan yang kreatif seperti E-Crentif ini, mahasiswa diharapkan dapat menghadirkan cara-cara baru dan menarik untuk ikut memecahkan masalah pendidikan di Indonesia. Secara lebih spesifik, E-Crentif diharapkan dapat memberi solusi dalam proses pemahaman pembelajaran bagi peserta didik di sekolah, sehingga menciptakan dampak positif yang signifikan dalam dunia akademik.

Penulis
Dheni Wiratmoko
Editor
Dedy
Kategori Humas
MBKM
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus