Mahasiswa UNY Menjadi Fasilitator Workshop Canva Edu Bagi Guru

1
min read
A- A+
read

Workshop

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah meluncurkan salah satu kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yaitu Kampus Mengajar. Program Kampus Mengajar dijalankan dalam rangka peningkatan literasi dan numerasi di sekolah-sekolah sasaran. Salah satu mahasiswa UNY yang berkesempatan mengikuti program tersebut adalah Nita Prasyama Azhari dari Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang ditempatkan di SD Negeri Tlacap, Kecamatan Pandowoharjo, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selama masa penugasan di SD Negeri Tlacap, Nita bersama tim merancang berbagai program, salah satunya program literasi digital yaitu workshop teknologi informasi bagi guru mengenai pengenalan dan pelatihan penggunaan Canva Education untuk menunjang pembuatan perangkat pembelajaran. Menurutnya pengenalan penggunaan Canva Edu ini memberikan kemudah bagi para guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. “Seiring dengan perkembangan zaman, guru-guru harus siap dengan tantangan dan berbagai tuntutan dalam perkembangan teknologi, sehingga harapannya dengan pelatihan Canva Edu ini, Bapak/Ibu guru dapat bersiap dalam menghadapi tantangan tersebut” katanya.

Pengenalan aplikasi ini dilakukan dengan metode presentasi dan praktik langsung oleh guru-guru SD Negeri Tlacap. Sebelum pelaksanaan workshop, Nita melakukan beberapa persiapan diantaranya yaitu pembuatan modul yang berisi langkah-langkah pembuatan desain beberapa perangkat pembelajaran untuk menjadi pedoman pelaksanaan workshop. Nita Prasyama Azhari yang memandu jalannya pelaksanaan kegiatan ini memulai dengan memberikan gambaran umum terkait dengan Aplikasi Canva dan penggunaan akun belajar.id untuk bisa mengakses akun Canva Education. Dilanjutkan praktik penggunaan aplikasi dengan menjelaskan berbagai fitur Canva Edu melalui perangkat smartphone atau laptop masing-masing guru, kegiatan selanjutnya yaitu penugasan pembuatan salah satu perangkat pembelajaran yang ada di dalam modul, disini guru-guru diberikan kebebasan untuk memilih salah satu perangkat pembelajaran yang akan dibuat melalui aplikasi Canva Edu, kemudian setelah selesai karya akan dikumpulkan. “Aplikasi ini dapat memudahkan para guru untuk menunjang kegiatan pembelajaran, karena dapat dengan mudah membuat desain perangkat pembelajaran dengan bantuan aplikasi tersebut” ujarnya.

Selama pelaksanaan workshop, Bapak/Ibu guru SD Negeri Tlacap terlihat sangat excited dan memperhatikan penjelasan dengan seksama, tidak jarang ketika pelaksanaan diselingi dengan canda tawa. Nita merasa senang dengan respon yang diberikan Bapak/Ibu guru selama pelaksanaan workshop. “Alhamdulillah, saya sangat senang, karena respon Bapak/Ibu guru yang sangat baik, semoga setelah pelaksanaan workshop Canva Edu ini dapat memberi kemudahan bagi guru dalam membuat desain perangkat pembelajaran kedepannya” tutup Nita.

Penulis: Nita Prasyama

Editor: Dedy

 

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus