Mahasiswa S1 Teknik Elektro FT UNY Mendapatkan Beasiswa Exchange Student Ke Asia University, Taiwan selama 6 bulan

1
min read
A- A+
read

Akbar di Taiwan

Salah satu mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu Ahzami Fadilah Akbar (S1 Teknik Elektro). Menjadi satu-satunya delegasi dari Universitas Negeri Yogyakarta yang mendapatkan kesempatan untuk menimbah ilmu di Asia University melalui program “2023 Spring Exchange Program Asia University, Taiwan”.

Kelulusan program tersebut diumumkan oleh Asia University melalui email yang dikirim pada Kamis (22/12/2022). Sebelumnya Ahzami mengikuti serangkaian seleksi, yaitu seleksi internal yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 17 – 25 November 2022 dan terpilih sebanyak 7 peserta. Kemudian seleksi eksternal oleh Asia University pada tanggal 15 Desember 2022 dan terpilih 1 peserta.

Pada kegiatan tersebut Ahzami mengikuti perkuliahan selama satu semester di Asia University mulai 12 Februari - 16 Juni 2023. Selama perkuliahan di sana, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengambil mata kuliah minimal 3 SKS dan maksimal 18 SKS. Selain itu dapat mengikuti kegiatan di luar kelas seperti kegiatan minat bakat, seni, dan melakukan penelitian bersama professor terkemuka di Asia University.

Program ini memiliki banyak benefit karena selain bisa belajar teknologi maju yang ada di Taiwan, juga bisa berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara, serta memperdalam pemahaman mengenai budaya international. Selain itu, dari kegiatan tersebut akan membuka peluang untuk memperluas jaringan dan mengembangkan kemampuan beradaptasi dalam situasi yang baru.

Kegiatan mobilitas mahasiswa (student mobility) berupa program student exchange merupakan wujud ketercapaian misi Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu peningkatan reputasi nasional (World Class University) dengan mengedepankan peran internasionalisasi oleh seluruh civitas akademika, termasuk mahasiswas sebagai salah satu bentuk wujud penunjangan visi dan misi Universitas Negeri Yogyakarta.

Penulis: Tri Martanto

Editor: Dedy

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus