MAHASISWA FBS MENJUARAI LOMBA BACA PUISI HAMKA

1
min read
A- A+
read

Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni, Anisa Rahayu, mendapat peringkat satu dalam lomba “Membaca Puisi” yang diadakan Hamka SMAN 1 Bekasi (SMANSASI). Lomba tersebut merupakan even tahunan yang dikelola Kansas (Komunitas Penulisan Sastra).

Anisa membacakan puisi “Perenang Buta” karya Nirwanto. Puisi tersebut diterbitkan dalam antologi puisi di Gramedia Pustaka Utama (GPU) dengan judul Jantung Lebah Ratu, diterbitkan pada 2008.

Selain mengadakan lomba, Hamka mengadakan workshop yang juga dihadiri peserta lomba dan umum. Dalam workshop tersebut menghadirkan  Tere Liye, Wulanfadi, dan Amien Kamil.

Anisa mengatakan bahwa dirinya terkesan dengan lomba yang diadakan SMAN 1 Bekasi tersebut. “Sangat Luar Biasa. Karena bisa berpikir menghadirkan sosok inspiratif dan berbakat dalam workshop.”

Lomba yang diikuti Anisa merupakan lomba “membaca puisi” kategori umum. Sehingga pesertanya adalah mahasiswa dan siswa sekolah mengah atas. Selain membaca puisi, Hamka SMANSASI juga mengadakan lomba berkategori umum, seperti cipta puisi, cipta esai, dan cipta cerpen. Sedangakan lomba yang khusus siswa SMA adalah lomba pidato, dan lomba musikalisasi puisi.

Puisi yang dibacakan Anisa merupakan puisi yang diundi, sehingga dirinya harus siap membacakan puisi apa yang telah disediakan panitia lomba. Tidak ada proses eleminasi dalam lomba tersebut. setiap peserta lomba mendapat kesempatan satu kali membaca puisi.

“Keren. Siswa SMA sudah bisa menyelenggarakan berbagai macam lomba kategori umum yang mengolah bakat,” ucap Anisa.

Ia berharap, kededannya dapat mengikuti lomba serupa, baik lomba di dalam Universitas Negeri Yogyakarta, mau pun di lomba membaca puisi di luar UNY. Anisa berharap dapat mengolah bakatnya dalam hal membaca puisi. (Nursaid/JK)