Lu Ban Workshop Resmi Berdiri di UNY

1
min read
A- A+
read

Peresmian Lu Ban Workshop di UNY

Lu Ban Workshop Indonesia resmi berdiri di UNY. Peresmian dilaksanakan di Kantor Pusat SEAMOLEC Sabtu, 23 Desember 2023. Acara dihadiri oleh Prof. Ni Yonghong selaku Presiden Yangzhou Polythecnic Institute (YPI), Prof. Xie Yonghua, Ph.D. selaku Presiden Nanjing Vocational University of Industry Technology (NVUIT), Yumei CAO Deputy Director General Jiangsu Provincial Departemen of Education, Dr. Wahyudi Selaku Director Seamolec, Yaya Sutarya (excutive advisor to DG of teacher and educational personnel), EVY Margareta-head of Asia Pasific Cooperation, Li Jingning, director of International Office YPI. Sementara delegasi dari UNY diwakili oleh Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes.,AIFO. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, dari UMJ dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr. Muhammad Hadi, S.kp., M.Kep., Kepala Kantor Urusan Internasional UMJ Endang Zakaria, Dekan FT UMJ Ir. Irfan Purnawan, ST., Chem.Eng., dan utusan dari APKASI.

Acara berlangsung sejak tanggal 22 Desember 2023 bertempat di Aula Djoenda, Universitas Muhammadiyah Jakarta-Cempaka Putih, kemudian agenda berikutnya pada 23 Desember 2023 bertempat di kantor pusat SEAMOLEC Indonesia-Tangerang, Banten. Kegiatan ini telah di inisiasi UNY sejak 2022 berkaitan dengan teaching dan training center di bidang teknologi, khususnya untuk program studi Teknik Sipil dan Arsitektur, Fakultas Teknik UNY. “Target capaian UNY dalam implementasi kerja sama akhirnya dapat terwujud dengan skema peningkatan kapasitas sarpras laboratorium Teknik Sipil dan Arsitektur untuk assessment building yang ada di Indonesia”. Ujar Prof. Siswantoyo.

Sementara dalam sambutannya Prof. Ni Yonghong menyatakan kesiapan YPI mendukung perkembangan teknologi modern. “Untuk peningkatan kualitas SDM di UNY” paparnya. Sehingga dengan adanya kegiatan pada hari ini, Lu Ban workshop telah resmi berdiri di Indonesia khususnya Yogyakarta, sebagai perwakilan ketiga setelah di Jawa Timur, dan Jakarta.

Kemajuan infrastruktur harus didukung penuh dengan metode evaluasi dan peralatan yang modern sesuai dengan abad 21, agar tercipta sebuah karya monumental yang dapat memiliki nilai histori panjang dan dapat dimanfaatkan untuk masa depan bangsa. Oleh karena itu, implementasi kerja sama yang terbangun di penghujung tahun ini akan menjadi loncatan dan percepatan menuju visi UNY menjadi universitas berkelas dunia yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan.

Akhirnya, untuk mempertajam implementasi kerja sama, kegiatan pada 2024 akan dilaksanakan program akademik dan non-akademik berupa dukungan peralatan, student exchange, joint research, dan peningkatan kapasitas SDM dosen di YPI. Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan Staf Ahli wakil Rektor Bidang Akademik untuk implementasi kerja sama, publikasi, dan peningkatan kapasitas SDM Dosen.

Lu Ban Workshop adalah sebuah program pelatihan kejuruan China di luar negeri. Nama lokakarya kejuruan tersebut terinspirasi dari Lu Ban, seorang ahli kerajinan kayu pada zaman kuno China. Program tersebut bertujuan untuk mempromosikan pertukaran pendidikan kejuruan serta kerja sama antara China dengan negara-negara dan kawasan lain.

Penulis: Faqih Ma’arif

Editor: Dedy

 

IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia