LAPOR! Goes To Campus di Universitas Negeri Yogyakarta

Pembukaan LGTC

Pemerintah telah menetapkan LAPOR! sebagai kanal pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara nasional. Demi mewujudkan pelayanan publik yang prima, perlu peran serta mayarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Melalui alasan tersebut guna meningkatkan pemahaman LAPOR! perlu dilakukan sosialisasi dan publikasi khususnya kepada kelompok pemuda yang memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan proses transformasi digital. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bekerjasama dengan UNY menyelenggarakan LAPOR! Goes To Campus (LGTC), di Auditorium, Kamis (3/10).

Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Kementerian PANRB Insan Fahmi, MM memaparkan dalam rangka memenuhi kebutuhan Masyarakat atas peningkatan kualitas layanan publik maka dibukalah kanal aspirasi atau pengaduan salah satunya LAPOR! yang bertujuan untuk membantu penyelenggaraan layanan publik. “Lapor hadir dalam bentuk one door policy dimana semua aduan pelayanan publik diterima dan akan ditindaklanjuti” kata Insan Fahmi. Lapor sudah ditetapkan sebagai aplikasi umum dan ada 679 instansi pemerintah yang menggunakannya, terdiri dari 34 kementerian, 101 lembaga, 545 pemerintah daerah dan sudah menerima 2,1 juta pengaduan.

Gubernur DIY dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kominfo Hari Edi Triwahyu Nugroho, M.Si mengatakan bahwa mahasiswa berperan penting dalam era digital ini untuk mendukung pemerintahan yang bersih dan berwibawa dalam konteks berpartisipasi aktif dalam sistem pengelolaan publik nasional melalui Lapor. “Kegiatan LGTC ini adalah momen penting untuk memperkuat peran mahasiswa dalam menciptakan transparansi dan akuntabilitas layanan publik dalam konsep Whistleblower” katanya. Harapannya mahasiswa mampu mengembangkan kanal-kanal untuk mendorong perubahan yang nyata dalam masyarakat.

Acara LGTC dibuka Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Abdul Hakim, M.Si didampingi Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumberdaya UNY Prof. Edi Purwanta dan Kepala Dinas Kominfo Hari Edi Triwahyu Nugroho, M.Si dengan pemukulan gong. Mewakili Rektor, Prof. Edi Purwanta selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumberdaya mengucapkan selamat datang pada peserta LGTC dengan harapan peran mahasiswa untuk melapor dapat menjadikan lembaga lebih baik.

Kegiatan LAPOR! Goes To Campus diikuti oleh 800 mahasiswa PTN dan PTS dari seluruh DIY, ASN dan stakeholder dengan agenda kuliah umum, talkshow, dan pameran tentang pelayanan publik dan pengelolaan pengaduan digital, termasuk yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta. Kuliah Umum ‘Digitalisasi Penanganan Pengaduan Pelayanan Publik’ disampaikan Abdul Halim, M.Si sedangkan Talk Show ‘Generasi Muda Berani LAPOR!’ disampaikan oleh Dr. Drs. Muhammad Imanuddin S.H., M.Si Analis Kebijakan Utama Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB, Anis Wijayanti Kasatgas Integritas Perguruan Tinggi dari KPK, Budhi Masthuri, S.H., M. Sc. Kepala Ombudsman Perwakilan DIY dan Saviera Zulykha Ajeng Fauqii Nuura Penyiar RRI Pro 4 Yogyakarta dan Komunitas Masyarakat Dinamika Sinema Nusantara. Kegiatan ini merupakan salah satu partisipasi UNY dalam tujuan pembangunan berkelanjutan melalui jalur pendidikan dan kemitraan. 

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia